BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Apa Pentingnya Desain Hunian Sehat dan Bagaimana Cara Mewujudkannya?

Kompas.com - 22/07/2021, 15:21 WIB
Cozmohouse at Myza BSD memiliki bukaan yang cukup untuk masuknya cahaya matahari. DOK. SINAR MAS LANDCozmohouse at Myza BSD memiliki bukaan yang cukup untuk masuknya cahaya matahari.
|

KOMPAS.com – Hunian sehat kini menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh pemilik rumah. Apalagi, masa pandemi Covid-19 belum usai. Menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi prioritas utama.

Maka tak heran, hunian yang mengedepankan kesehatan diprediksi akan semakin diminati oleh masyarakat di masa mendatang, terutama pascapandemi.

Ada beragam cara untuk mewujudkan hunian sehat. Hal terpenting adalah hadirkan bukaan yang memadai untuk sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari ke dalam rumah.

Sirkulasi udara harus baik

Sirkulasi udara yang baik menjadi faktor utama hunian sehat. Untuk itu, usahakan membuat ventilasi udara secukupnya di tempat-tempat strategis. Anda bisa memilih jenis ventilasi, seperti roster atau lubang angin, wire mesh, dan laser cut.

Adapun ventilasi udara yang baik menghasilkan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah menjaga kelembapan di dalam rumah, mengurangi polusi, menjaga kesehatan penghuni, dan sebagai bonus memberi nilai dekoratif pada hunian.

Selain ventilasi udara, plafon yang tinggi juga memengaruhi kualitas sirkulasi udara di dalam rumah. Sebaiknya, buat plafon yang tinggi agar sirkulasi berjalan dengan baik. Plafon yang tinggi akan membuat rumah terasa sejuk karena suhu di dalam ruangan jadi lebih stabil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu unit Cozmohouse at Myza BSD yang menghadirkan tambahan ruang di bawah atap atau attic room.DOK. SINAR MAS LAND Salah satu unit Cozmohouse at Myza BSD yang menghadirkan tambahan ruang di bawah atap atau attic room.

Cahaya matahari untuk kesehatan tubuh

Satu hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan untuk membuat hunian sehat adalah ketersediaan bukaan untuk masuknya cahaya matahari. Pasalnya, cahaya matahari bisa membunuh virus dan bakteri serta menghilangkan jamur di dinding akibat kelembapan udara di ruangan.

Selain itu, pemanfaatan cahaya alami dari sinar matahari juga bisa sebagai pencahayaan di siang hari. Jadi, Anda tidak perlu menyalakan lampu dan bisa menghemat listrik.

Agar mendapatkan cahaya matahari yang baik, buat bukaan berupa ventilasi, jendela, pintu, atau skylight (bukaan di langit-langit).

Baca juga: Melirik Prospek Kota Wisata Cibubur, Lokasi Strategis Menjalankan Bisnis

Jika tak mau repot atau bingung harus memulai dari mana untuk membangun hunian sehat, Anda bisa memilih opsi membeli rumah dari developer tepercaya yang menggunakan konsep hunian sehat. Salah satu rekomendasi yang bisa Anda pilih adalah Cozmohouse at Myza BSD dari Sinar Mas Land.

Cozmohouse at Myza BSD menawarkan dua tipe hunian, yaitu tipe standar dengan luas bangunan 73 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi serta tipe yang lebih besar dengan tambahan ruang di bawah atap atau attic room dengan luas bangunan 81 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi.

Salah satu keistimewaan dari Cozmohouse at Myza BSD adalah desain new normal yang diimplementasikan pada ruang keluarga dengan bukaan untuk cahaya matahari.

Dengan posisi yang strategis di dalam rumah, cahaya matahari akan menyebar ke seluruh ruangan untuk menciptakan kehidupan yang lebih sehat.

Cozmohouse at Myza BSDDOK. SINAR MAS LAND Cozmohouse at Myza BSD

Selain bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga tercinta, ruang keluarga juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat kerja di rumah.

Baca juga: Properti Masih Jadi Primadona Investasi, Ini Cara Dapatkan Aset dengan Harga Menarik

Ada pula kamar tidur multiguna sebagai tempat kerja personal dan tempat beristirahat. Khusus unit dengan tambahan kamar di bawah atap, Anda bisa memanfaatkan ruangan tersebut sebagai tempat tidur atau ruang untuk berkreasi bagi anggota keluarga.

CEO Residential BSD Sinar Mas Land Theodore G Tenoch mengatakan, penghuni Cozmohouse at Myza BSD ideal untuk keluarga muda dengan tiga anak.

“Cozmohouse at Myza BSD cocok untuk warga lokal, pasangan, milenial wirausaha, calon pemilik bisnis, investor, dan mahasiswa,” kata Theodore dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (13/7/2021).

Theodore menjelaskan lebih jauh bahwa setiap unit Cozmohouse at Myza BSD merupakan rumah bernuansa tropis modern.

Rumah tersebut berlokasi strategis di seberang pengembangan kawasan niaga terpadu atau central business district (CBD) di BSD City bagian barat.

Cozmohouse at Myza BSD dekat dengan sejumlah pusat perbelanjaan, perkantoran, pendidikan, serta sarana hiburan.DOK. SINAR MAS LAND Cozmohouse at Myza BSD dekat dengan sejumlah pusat perbelanjaan, perkantoran, pendidikan, serta sarana hiburan.
Hal itu membuat posisi Cozmohouse at Myza BSD dekat dengan sejumlah pusat perbelanjaan, perkantoran, pendidikan, serta sarana hiburan.

Dengan demikian, penghuni dapat menikmati ragam fasilitas dengan sedikit waktu perjalanan yang mesti ditempuh.

Kawasan Myza BSD juga dekat dengan sejumlah akses pintu tol. Salah satunya, berada di belakang AEON Mall.

Rencananya, pintu tol tersebut akan rampung pada akhir 2021.

Baca juga: 3 Alasan Kawasan TB Simatupang Cocok Jadi Lokasi Bisnis Pilihan

BSD City juga diapit oleh tol Jakarta-Merak dan Pondok Indah-BSD City. Kedua akses tol ini terhubung dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR)-Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Akses dari Myza BSD juga akan dilengkapi dengan Tol Serbaraja yang mengarah ke Balaraja, Tigaraksa, dan daerah sekitarnya.

Penghuni juga dapat menggunakan layanan shuttle bus yang terintegrasi langsung dengan Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Cisauk di kawasan Intermoda.

Saat ini, Sinar Mas Land memberikan promosi pembelian unit Cozmohouse at Myza BSD berupa harga early bird atau gratis uang muka.

Baca juga: Berbagai Stimulus Ekonomi dan Program Promosi Gairahkan Sektor Properti pada 2021

“Dengan harga mulai dari Rp 1,6 miliar hingga Rp 1,7 miliar termasuk pajak pertambahan nilai (PPN), pembeli bisa menikmati rumah fully furnished sehingga tidak perlu repot lagi untuk mencari furnitur,” kata Theodore.

Sinar Mas Land juga menawarkan sejumlah cara pembayaran yang fleksibel mulai dari tunai langsung diskon 12,5 persen, kredit pemilikan rumah (KPR) express dengan uang muka 10 persen dan diskon 12 persen, KPR down payment (DP) 10 persen dengan cicilan 15 kali, hingga KPR express tanpa uang muka.

Sebagai informasi, jumlah unit Cozmohouse at Myza BSD juga terbatas. Pada pembangunan tahap pertama, hanya 84 unit yang telah dipasarkan dan sold out dalam waktu dua hari. Saat ini, Cozmohouse at Myza BSD sedang membuka penjualan tahap kedua.

Sinar Mas Land juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai bank favorit untuk memudahkan pelanggan.

Bank-bank tersebut adalah Bank Mandiri, CIMB Niaga, Permata Bank, Maybank, BCA, BNI, BRI, BTN, UOB, Danamon, OCBC NISP, CCB, Bank Panin, dan Commonwealth.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penjualan tahap kedua Cozmohouse at Myza BSD, kunjungi laman resmi Sinar Mas Land dan e-Catalog Sinar Mas Land atau hubungi 021-53159000.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya