Koridor Bitung, Cikupa, dan Balaraja Diprediksi Jadi The Next Serpong

Kompas.com - 11/06/2021, 17:05 WIB
Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran resmi beroperasi. JASA MARGAJalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran resmi beroperasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin menipis dan tingginya harga lahan di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, mendorong pengembangan mulai merambah ke arah barat.

Hal ini ditandai oleh permintaan untuk rumah di area sekitar Bitung, Cikupa, dan Balaraja yang terus bergerak, seiring pengembangan infrastruktur jalan tol yang tengah digenjot Pemerintah.

Menariknya, permintaan ini masih didominasi oleh end-user dengan segmen menengah bawah yang mencari rumah pertama.

Jangankan bicara Serpong, kawasan Puspitek-Cisauk yang perkembangannya didorong oleh  wilayah Pamulang, harga rumahnya juga sudah tinggi.

Beberapa perumahan di Pamulang seperti Cendana Residence dan Pamulang Residence di Jl Benda (Pamulang II) sudah mencapai Rp 800 jutaan-Rp1,5 miliaran.

Baca juga: Tol Serpong-Balaraja Dukung Pengembangan Wilayah Barat Jakarta

Sementara di Puspitek-Cisauk terdapat Suradita Residence yang mencakup hunian dengan harga lebih rendah yakni Rp 500 jutaan dan Serpong Garden yang melansir rumah Rp700 jutaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan di Legok-Karawaci ada Telaga Legok yang dibanderol Rp 400 jutaan untuk rumah ukuran 46/72.

Tipe yang sama di perumahan Kana Park di Jl Rancaiyuh, Legok, dipasarkan seharga Rp 548 jutaan.

Kendati harga dua perumahan ini dimulai dengan angka Rp 400 jutaan, bukan berarti murah. Pasalnya, ukuran bangunannya sekitar 37-55 meter persegi dengan lahan 63-72 meter persegi.

Tol Serpong-Balaraja.Dok. Sinar Mas Land. Tol Serpong-Balaraja.
Karena itu, untuk pengembangan hunian menengah trennya diprediksi bergerak ke barat Serpong menuju kawasan Bitung-Cikupa-Balaraja di Kabupaten Tangerang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X