Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Tiga Merek, HERO Tutup Semua Gerai Giant Akhir Juli

Kompas.com - 25/05/2021, 13:27 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hero Supermarket Tbk akan menutup semua gerai supermarket Giant di seluruh Indonesia pada akhir Juli tahun ini.

Perseroan bakal memfokuskan bisnisnya pada merek dagang IKEA, Guardian, serta Hero Supermarket.

Presiden Direktur Hero Supermarket Patrik Lindvall mengatakan, ketiga merek dagang tersebut memiliki potensi pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan Giant.

Meski begitu, perseroan juga berencana mengubah lima gerai Giant menjadi IKEA sebagai bagian dari fokus baru ini.

"Hal tersebut diharapkan dapat menambah aksesibilitas bagi pelanggan," tutur Patrik dalam siaran pers, Selasa (25/5/2021).

Patrik melanjutkan, gerai Giant lainnya akan ditutup pada akhir Juli walaupun negosiasi terkait potensi pengalihan kepemilikan sejumlah gerai itu kepada pihak ketiga masih berlangsung.

Selain itu, perseroan juga sedang mempertimbangkan untuk mengubah sejumlah gerai Giant menjadi Hero Supermarket.

Baca juga: Warga Bandung, Siap-siap IKEA Bakal Buka Gerai Semester I

Dalam kurun waktu dua tahun, kata Patrik, Hero Supermarket menargetkan akan menggandakan empat kali lipat jumlah gerai IKEA dibandingkan tahun 2020.

Lalu, Hero Supermarket juga berencana membuka 100 gerai Guardian baru hingga akhir tahun 2022.

Menurut Patrik, perseroan terus beradaptasi terhadap dinamika pasar dan tren pelanggan yang terus berubah, termasuk turunnya popularitas format hypermarket dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia.

Pihaknya tetap meyakini bahwa sektor peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan, serta keperluan sehari-hari untuk kelas atas memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada para karyawan, pelanggan, serta mitra bisnis yang telah mendukung bisnis Giant selama ini.

Patrik memastikan, proses komunikasi dengan semua karyawan yang terdampak oleh perubahan ini akan berlangsung dengan penuh empati dan rasa hormat.

"Kami juga akan memastikan proses yang adil bagi semua mitra bisnis kami," lanjut Patrik.

Patrik menuturkan, keputusan besar seperti ini tidaklah mudah, tetapi dia percaya hal ini perlu diambil untuk kepentingan jangka panjang Hero Supermarket dan para karyawan di bawah naungan perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com