Biro Arsitek Indonesia Dipercaya Rancang Proyek MediaCity di Afrika

Kompas.com - 21/05/2021, 15:00 WIB
MediaCity Mauritius MorphAsiaMediaCity Mauritius

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu firma arsitek asal Indonesia, MorphAsia, dipercaya merancang proyek MediaCity Mauritius yang merupakan hub industri media dan kreatif di Afrika.

Pendiri dan General Manager MediaCity Mauritius Najib Gouiaa sangat percaya pada pengembangan yang cerdas dan berkelanjutan yang dilakukan oleh MorphAsia.

"MediaCity ini dibangun tujuannya untuk merespons tumbuhnya kebutuhan generasi yang sangat paham digital dan juga mendukung semakin majunya industri kreatif online di Afrika," kata Najib dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Jumat (21/05/2021).

Baca juga: Pendiri Kantor Arsitektur Terbesar Dunia, Art Gensler Tutup Usia

Sementara itu, Principal MorphAsia Glenn Hartanto menjelaskan dalam proses perancangannya, MorphAsia secara serius dan mendalam melakukan riset untuk memahami konteks budaya, dan iklim di Mauritius.

Setelah itu, dilanjutkan dengan membuat proposal desain yang mengombinasikan desain modern ikonik dan sensitif terhadap alam.

Glenn mengaku, langkah ini sudah menjadi DNA MorphAsia untuk memulai setiap proses desain dengan mempelajari konteks agar sensitif meramu keputusan desain dalam rangka membentuk tipologi yang tepat dan menjawab kebutuhan serta tuntutan desain bangunan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, letak MediaCity yang berada di dalam master plan BeauPlan Smart City, mendedikasikan area yang luas untuk ruang terbuka hijau.

Hal ini menginspirasi MorpAsia untuk membuat courtyard garden di tengah bangunan dan sekaligus menjadi bagian integral dari keseluruhan konsep arsitektur modern yang diterapkan.

"Desain bangunan ini begitu memperhatikan orientasi matahari dan arah angin siklon sebagai pertimbangan yang penting," ujarnya.

MediaCity MauritiusMorphAsia MediaCity Mauritius
Masa dan orientasi bangunan di dalam proyek ini dibuat sesuai dengan pemikiran ini seakan muncul dari tanah dan membingkai courtyard garden di tengah bangunan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X