Adhi Karya Berambisi Rajai Sektor Konstruksi Kereta Api di Indonesia

Kompas.com - 01/05/2021, 19:00 WIB
Trainset LRT Jabodebek PT Adhi Karya (Persero) TbkTrainset LRT Jabodebek

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk Pundjung Setya Brata mengatakan, perseroan diberikan mandat menjadi jawara BUMN Karya di bidang konstruksi kereta api maupun high speed train (kereta cepat) di Indonesia.

"Kemarin, kita diberikan tugas untuk menjadi champion di railway dan high speed train," jelas Pundjung dikutip dari YouTube Kementerian BUMN, Sabtu (01/05/2021).

Pundjung mengatakan, Adhi Karya saat ini tengah menggarap beberapa proyek kereta api, termasuk Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek.

Menurut dia, LRT Jabodebek merupakan proyek kereta api terbesar yang tengah perseroan kerjakan karena memiliki nilai kontrak senilai Rp 23 triliun.

Baca juga: Satu Rangkaian Kereta LRT Jabodebek Bisa Angkut 1.300 Penumpang

Lalu, Adhi Karya juga tengah membangun Moda Raya Terpadu (MRT) Fase 2A Contract Package (CP) 201 yaitu tujuan Bundaran HI-Sarinah-Juanda.

Selain itu, Adhi Karya tengah mengikuti tender  proyek MRT Jakarta Fase 2A CP 202.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mudah-mudahan, kita (Adhi Karya) dapat (memenangkan) lagi," lanjut Pundjung.

Pundjung mengaku, Perseroan sedang mempelajari tunneling atau pembangunan terowongan oleh Shimizu Corporation.

"Nah, makanya kita sama-sama dengan Shimizu dari Jepang mengerjakan MRT 201. Harapannya, disitulah kita belajar, supaya berikutnya bisa sendiri," tuntas Pundjung.

Saat ini, Perseroan juga sedang terlibat dalam dua paket konstruksi kereta Bandara New Yogya International Airport (NYIA) sepanjang 2 kilometer.

Sebetulnya, proyek pembangunan kereta NYIA membentang sepanjang 4 kilometer. Namun, Perseroan hanya mengerjakan sepanjang 2 kilometer.

Selanjutnya di Pulau Sumatera, Adhi Karya tengah membangun jalan tol yaitu Tol Sigli-Banda Aceh dan berharap dapat mengerjakan proyek kereta api di wilayah itu.

"Kereta api lagi prospek, mudah-mudahan tiga tahun ke depan, kita ada (terlibat) proyek kereta api disana," kata Pundjung.

Sementara di Pulau Jawa, BUMN Karya ini juga terlibat dalam beberapa proyek seperti pembangunan depo di Solo, Jawa Tengah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X