Sungai Deli Penuh Sampah, Bobby Nasution: Jadi Perhatian, Harus Bersih

Kompas.com - 14/04/2021, 18:00 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau aliran Sungai Deli karena mendapat informasi dari masyarakat bahwa sungai menjadi tempat pembuangan sampah dan ada pembangunan bronjong yang mengakibatkan penyempitan sungai Dok: Dinas Kominfo Kota MedanWali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau aliran Sungai Deli karena mendapat informasi dari masyarakat bahwa sungai menjadi tempat pembuangan sampah dan ada pembangunan bronjong yang mengakibatkan penyempitan sungai

MEDAN, KOMPAS.com - Fokus utama pembangun Kota Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Bobby Nasution adalah kesehatan, kebersihan, infrastruktur dan banjir.

Sektor kesehatan lewat vaksinasi untuk menurunkan penyebaran Covid-19 dan memperbaiki perekonomian yang anjlok sedang berjalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seiring dengan pelaksanaan vaksinasi, Pemkot Medan melakukan pembenahan infrastruktur yakni jalan rusak, penanganan banjir, mewujudkan kebersihan kota dan kawasan heritage Kesawan sebagai pusat kuliner supaya menjadi The Kitchen of Asia.

"Kebersihan adalah salah satu sektor prioritas untuk segera dibenahi. Tidak hanya sampah di lingkungan, sampah yang mengotori dan memberi sumbangan atas penyempitan sungai menjadi perhatian besar dan harus dibersihkan," kata Bobby dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Seluruh Bangunan di Kawasan Heritage Harus Mengikuti Regulasi Cagar Budaya

Salah satu sungai yang menjadi tempat pembuangan sampah massal adalah Sungai Deli. Sungai penuh sejarah yang badannya semakin sempit, bau namun masih menjadi sumber kehidupan banyak orang.

Bobby mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada tumpukan sampah di Sungai Deli, dia lalu menginstruksikan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni untuk langsung bergerak mencari solusi permasalahan.

Kepada wartawan, Husni mengaku sudah berkoordinasi dengan para camat di aliran Sungai Deli dan yang ada tumpukan sampah di daerahnya.

Untuk memastikan lokasi tumpukan sampah, diturunkan tim untuk memetakan, melihat langsung dan berkoordinasi dengan camat, Balai Wilayah Sungai (BWS) dan instansi terkait lainnya.

"Kebersihan kota jadi perhatian utama Bobby Nasution, makanya informasi dari masyarakat soal kebersihan langsung ditanggapi. Kita sudah turunkan tim untuk memetakan sampah yang disebut ada puluhan, intinya kita respon untuk mencari jalan keluar menyelesaikannya," kata Husni.

Dirinya menyayangkan sikap masyarakat yang belum menyadari pentingnya kebersihan lingkungan, apalagi sungai.

Baca juga: Masih Uji Coba, E-Parking Sudah Setor Rp 10 Juta ke Kas Pemkot Medan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.