Tahun Ini, Pemerintah Guyur Rp 4,01 Triliun untuk 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

Kompas.com - 08/04/2021, 12:00 WIB
Pembangunan jalan dan lingkungan di Pulau Bunaken. Dok. Kementerian PUPR.Pembangunan jalan dan lingkungan di Pulau Bunaken.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4,01 triliun untuk pengembangan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Kelima DPSP itu yakni Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, serta Manado-Bitung-Likupang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, anggaran itu dikucurkan untuk 108 kegiatan infrastruktur.

Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur pada setiap DPSP direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui rencana induk.

“Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran," kata Basuki dikutip dari siaran pers, Rabu (07/04/2021).

Baca juga: Selain Labuan Bajo, Tiga Kawasan di Kupang Ikut Dipercantik

Jika hal itu tidak siap, kata Basuki, wisatawan hanya datang sekali dan tidak akan kembali lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Prinsipnya adalah mengubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak ekonomi lokal dan nasional.

Infrastruktur DPSP yang dibangun Kementerian PUPR mencakup konektivitas, sumber daya air (SDA), permukiman, dan perumahan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan di lima DPSP dilaksanakan sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 seperti menjaga jarak fisik, menggunakan masker, dan menghindari kerumunan.

Untuk DPSP Danau Toba, anggaran tahun 2021 yang dikucurkan Pemerintah sebesar Rp 1,07 triliun untuk 21 kegiatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X