Pasok Air Minum Jakarta, SPAM Regional Jatiluhur I Dibangun Kuartal III

Kompas.com - 19/02/2021, 18:30 WIB
Penandatanganann perjanjian KPBU SPAM Regional Jatiluhur I. Kompas.com/Suhaiela Bahfein.Penandatanganann perjanjian KPBU SPAM Regional Jatiluhur I.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I akan dilaksanakan pada Kuartal III Tahun 2021.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Eko Djoeli Heripierwanto mengatakan hal itu dalam penandatanganan perjanjian kerja sama KPBU SPAM Regional Jatiluhur I, Jumat (19/2/2021).

"Memperhatikan jadwal proyek yang ada, target dimulainya konstruksi adalah Kuartal III Tahun 2021," tegas Eko.

Eko melanjutkan, SPAM Regional Jatiluhur I ditargetkan akan beroperasi 2,5 tahun usai tuntasnya konstruksi yakni Kuartal I Tahun 2024. 

Baca juga: Lelang Investasi SPAM Regional Djuanda Dipercepat

SPAM Regional Jatiluhur I, merupakan proyek KPBU pertama untuk SPAM Regional yang menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Proyek KPBU SPAM Regional Jatiluhur I akan menyediakan air minum curah sebesar 4.750 liter per detik untuk empat wilayah.

Rinciannya, Provinsi DKI Jakarta sebesar 4.000 liter per detik, Kota Bekasi sebesar 300 liter per detik, Kabupaten Bekasi 100 liter per detik, serta Kabupaten Karawang sebanyak 300 liter per detik.

Adapun total investasi dari KPBU SPAM Regional Jatiluhur I sebesar Rp 1,7 triliun dengan masa kerja sama 30 tahun.

Eko menjelaskan, KPBU SPAM Regional Jatiluhur I menggunakan skema unsolicited dengan pemrakarsa konsorsium PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, serta PT Tirta Gemah Ripah.

Proyek tersebut telah melalui proses lelang yang dimulai dengan tahapan pra-kualifikasi pada Februari 2020 dan telah diterbitkan surat penetapan pemenang lelang kepada konsorsium pemrakarsa pada 20 November 2020.

Akhirnya, konsorsium tersebut membentuk Badan Usaha Pelaksana (BUP) yaitu PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini membantu proses penyiapan dan transaksi KPBU ini, terutama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) yang secara intensif berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda)," tuntas Eko.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X