Kompas.com - 19/02/2021, 13:42 WIB
Teknologi cetak 3D pada lampu produksi Signify. Dok. Signify Teknologi cetak 3D pada lampu produksi Signify.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan lampu Signify memanfaatkan teknologi luminer cetak 3D sebagai inovasi dalam produksi bidang pencahayan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan emisi karbon kaca sekaligus berkontribusi dalam mencipatakan kelangsungan hidup berkelanjutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Country Leader Signify Indonesia Rami Hajjar mengatakan, penggunaan energi menyumbang 60 persen dari emisi karbon dan perusahaan dunia diminta untuk mengurangi hal ini.

"Banyak perusahaan kini berkomitmen terhadap ekonomi sirkular dan luminer cetak 3D adalah cara kami untuk berkontribusi mengurangi jejak karbon, tidak hanya milik kami saja tetapi bersama para pelanggan juga," ucap Rami dikutip dari siaran pers, Jumat (19/2/2021).

Signify diklaim sebagai produsen pencahayaan besar pertama yang memproduksi luminer cetak 3D dalam skala industri.

Rami mengatakan, perusahaan telah menyempurnakan cara produksi jadi lebih fleksibel dan berkelanjutan yaitu menggunakan bahan baku polikarbonat yang bisa didaur ulang 100 persen.

Baca juga: Signify Rilis 5 Produk Disinfeksi UV-C

Umumnya, produksi luminer cetak 3D memiliki jejak karbon 47 persen lebih rendah dibandingkan luminer logam yang diproduksi secara konvensional.

Dengan pencetakan 3D luminer, Signify dapat untuk menggunakan kembali seluruh bahan baku untuk menghasilkan sedikit limbah dan menciptakan siklus hidup produk yang sepenuhnya ramah lingkungan. 

"Layanan ini menghemat waktu, energi, limbah produksi, pengemasan dan transportasi," lanjut Rami.

Dengan menjaga produksi tetap dekat dengan area perkotaan, perusahaan dapat mengurangi lebih banyak lagi jejak karbon.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.