Berprestasi di Tengah Pandemi, Perpustakaan Warak Kayu Sabet Penghargaan Building of The Year 2021

Kompas.com - 19/02/2021, 12:43 WIB
Microlibrary Warak Kayu Dok. SHAUMicrolibrary Warak Kayu

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya Indonesia berhasil meraih penghargaan bergengsi arsitektur Building of the Year 2021 dari ArchDaily, melalui Microlibrary Warak Kayu Semarang, Jawa Tengah

Perpustakaan bermaterialkan kayu karya SHAU Indonesia terpilih sebagai karya arsitektur terbaik untuk kategori Public and Landscape Architecture, mengalahkan 75 finalis lainnya dari enam benua.

Penghargaan Building of The Year 2021 dari ArchDaily ini merupakan yang ke-2 bagi Microlibrary Warak Kayu Semarang.

Sebelumnya, penghargaan dari Architizer a+ Awards 2020 juga berhasil diraih dengan mengalahkan sejumlah kompetitor internasional lainnya.

Baca juga: Perpustakaan Warak Kayu Semarang Masuk Nominasi Building of The Year 2021

Sementara bagi SHAU Indonesia, penghargaan ini merupakan kali ke-9.

Principal SHAU Indonesia Daliana Suryawinata mengungkapkan rasa bangganya menjadi bagian yang ikut berkontribusi dalam sejarah perkembangan dan kemajuan arsitektur Indonesia, meski di tengah pandemi Covid-19.

"Indonesia memiliki banyak arsitek dengan karya-karya yang sangat layak mendapatkan penghargaan. Dan kami berterima kasih telah didukung oleh banyak suara dari Indonesia," urai Daliana kepada Kompas.com, Jumat (19/02/2021).

Microlibrary Warak KayuDok. SHAU Microlibrary Warak Kayu
Menurut Daliana, dengan banyaknya suara dukungan untuk Microlibrary Warak Kayu Semarang membuktikan bahwa literasi arsitektur Indonesia sudah jauh lebih baik.

"Banyak masyarakat Indonesia yang perduli desain dan arsitektur. Ini membanggakan," imbuh Daliana.

Hal senada dikemukakan Arsitek Microlibrary Warak Kayu Florian Heinzelmann yang berterima kasih atas dukungan seluruh pihak sehingga desain SHAU Indonesia bisa terbangun dan digunakan oleh masyarakat umum.

Baca juga: Bermain dan Belajar di Microlibrary Warak Kayu, Perpustakaan Mini Semarang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X