Bermain dan Belajar di Microlibrary Warak Kayu, Perpustakaan Mini Semarang

Kompas.com - 04/04/2020, 12:15 WIB
Microlibrary Warak Kayu Dok. SHAUMicrolibrary Warak Kayu

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Tak hanya melalui pendidikan formal, namun juga berbagai inisiatif yang dilakukan masyarakat luas.

Contohnya adalah melalui arsitektur, seperti yang dilakukan oleh arsitek dan pendiri SHAU, Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann.

Keduanya berinisiatif mendirikan perpustakaan menjangkau masyarakat dengan strategi menjangkau komunitas.

Baca juga: Perpustakaan Kelurahan di Bandung, Terbaik Sedunia

Proyek yang dijalankan saat ini adalah menginisiasi berdirinya microlibrary, sebuah proyek kolaborasi dengan berbagai stakeholder seperti Pemerintah, Corporate Social Responsibility (CSR), yayasan, dan komunitas.

"Kami melihat bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, dan ingin mencoba meningkatkannya dengan membuat microlibraries yang menjangkau masyarakat dengan strategi merangkul ruang-ruang komunitas," ucap Daliana kepada Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Microlibrary Warak KayuDok. SHAU Microlibrary Warak Kayu
Tak hanya perpustakaan, setiap bangunan microlibrary juga berfungsi sebagai tempat bermain dan berkumpul warga.

Salah satunya adalah sebuah perpustakaan mini yang berada di Taman Kasmaran, Semarang, Jawa Tengah yang diberi nama Microlibrary Warak Kayu.

Perpustakaan ini tercipta dari inisiatif berbagai pihak, seperti Arkatama Isvara Foundation (AIF) sebagai penyandang dana.

Baca juga: Dua Karya Arsitektur Indonesia Masuk Nominasi Aga Khan Award 2019

Daliana menuturkan, pihak AIF tertarik untuk berkolaborasi dan mendirikan perpustakaan dari kayu.

"AIF memang sudah lama ingin mendirikan perpustakaan dari kayu. Maka berbagai inisiatif bertemu dalam kegiatan ini, tidak hanya inisiatif pribadi kami saja. It’s a great collaboration," kata Daliana.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X