Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instran Galang Bantuan untuk Sopir Angkot Terdampak Covid-19

Kompas.com - 02/04/2020, 13:11 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghadapi tingginya persebaran virus Corona (Covid-19), Pemerintah telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat melakukan kegiatan di rumah atau work from home (WFH).

Namun, tidak semua bisa menerapkan kebijakan WFH, terutama pekerja di sektor informal. Salah satunya adalah pekerja angkutan umum dengan cakupan operasional dalam kota dan luar kota.

Mereka praktis tidak memperoleh pendapatan karena tidak beroperasi. Mereka yang masih beroperasi pun kesulitan mendapatkan penumpang, sehingga beban operasional lebih tinggi dari pendapatan.

Dari data Instrans, LSM khusus transportasi, para pekerja angkutan umum ini tidak memiliki tabungan sebagai cadangan. Bahkan, sebagian besar dari mereka masih menyewa tempat tinggal.

Baca juga: Soal Penutupan Tol Jadebotabek, Kewenangan Ada di Tangan Basuki

Dengan demikian, para pekerja angkutan umum ini merupakan kelompok yang secara otomatis dapat memperoleh bantuan langsung tunai (BLT).

"Namun sayangnya, dalam kenyataannya tidak semua mendapatkannya. Merekalah yang perlu mendapat bantuan," kata Direktur Eksekutif Instran Deddy Herlambang kepada Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Instran Gelar Solidaritas ekonomi untuk Sopir angkot mulai 1-30 April 2020.Instran Instran Gelar Solidaritas ekonomi untuk Sopir angkot mulai 1-30 April 2020.
Untuk itu, sebagai LSM transportasi, Instran mengajak masyarakat untuk turut memberikan bantuan kepada para pekerja angkutan umum, terutama pengemudi, yang terdampak ekonomi di tengah upaya menekan penyebaran virus corona.

"Penggalangan bantuan ini akan berlangsung hingga 30 April mendatang," cetus Deddy.

Bantuan bisa berupa sembako atau uang dan akan didistribusikan kepada kelompok sasaran pengemudi angkutan umum bus kecil.

Menurut Deddy, mereka pantas mendapatkan bantuan karena memiliki hubungan industrial paling lemah dengan pemilik kendaraan, sehingga mengalami kesulitas memenuhi kebutuhan hidup.

Deddy mengatakan, bagi masyarakat yang tergerak hatinya untuk menyalurkan bantuan dana dapat disalurkan ke Perkumpulan Instran dengan Nomor Rekening Bank Danamon  000094541570.

Sementara, bagi masyarakat yang ingin mengirim bantuan berupa barang atau sembako, dapat menyalurkannya ke Perkumpulan Instran dengan alamat, Jl. Rawajati Barat V No. 33 RT 005 RW 004 Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran-Kalibata, Jakarta Selatan.

Masyarakat juga dapat menghubungi kontak 021-79197057 untuk penjemputan bantuan, dengan narahubung Devi 085640025300.

"Semua bantuan akan dibuat laporan pertanggung jawaban langsung kepada pemberi bantuan, baik secara langsung maupun melalui website Instran termasuk daftar penerima bantuannya," urai Deddy.

Deddy juga menekankan, semua biaya terkait dengan pengelolaan bantuan akan ditanggung Instran. Dengan demikian, semua bantuan tersebut utuh sampai di tangan penerima.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com