Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkendala Lahan, Progres Tol Padang-Sicincin Baru 18 Persen

Kompas.com - 02/04/2020, 11:03 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) terus menggenjot pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), salah satunya Tol Pekanbaru–Padang Seksi 1 ruas Padang–Sicincin (Pacin) sepanjang 36 kilometer.

Hingga hari ini, progres pembangunan ruas Pacin yang dikerjakan oleh PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor mencapai 18 persen proses konstruksi dan 11 persen pengadaan lahan (termasuk jalan akses).

Dalam proses pembangunannya, ruas Pacin dihadapkan oleh kendala pembebasan lahan. Sehingga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada agar pembangunan terus berlanjut dan bisa segera dioperasikan untuk masyarakat.

Baca juga: Ditolak Warga, Trase Tol Padang-Sicincin Dibangun Lebih Panjang

Terkait pembebasan lahan, Hutama Karya terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, Polda Sumatra Barat dan pihak-pihak terkait lainnya untuk kelancaran pembangunan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sebelumnya, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno telah menandatangani penetapan lokasi tahap ke-2 pembangunan ruas tol Pacin sebagai kelanjutan dari penetapan lokasi tahap ke-1 yakni mulai dari KM 4,2 – KM 36 pada Senin (30/3/2020).

Dengan adanya penetapan lokasi tersebut, maka proses pembebasan lahan dan konstruksi ruas tol Pacin dapat dilanjutkan.

Penetapan lokasi tahap ke-2 ini telah tertuang dalam SK Gubernur Nomor 62_02-56_2020 tentang Penetapan Lokasi Pengadaan Tanah Jalan Tol Ruas Padang–Pekanbaru.

Proses tersebut dilakukan melalui mediator yaitu Polda Sumatera Barat, kemudian dilakukan penyerahan Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah oleh Subdit Pengadaan Tanah Jalan Tol BPJT kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada Rabu, (11/2/2020) silam.

“Saya harap dengan bantuan para pihak terkait, proses pengerjaan Tol Padang–Sicincin mulai dari KM 4,2 sampai dengan KM 36 dapat segera diselesaikan hingga ujung Sumatra Barat.” ucap Irwan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

Hingga saat ini, sepanjang 500 kilometer JTTS telah terbangun dengan 368 kilometer ruas tol telah beroperasi penuh.

Tol Pekanbaru–Padang terdiri dari 6 (enam) seksi yakni Seksi 1 Padang-Sicincin, Seksi 2 Sicincin–Bukittingi, Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan, seksi 5 Pangkalan–Bangkinang, dan seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru.

Secara keseluruhan Tol Pekanbaru-Padang ditargetkan beroperasi pada tahun 2025.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com