Selain Hemat Energi, Ada Sejumlah Manfaat Konstruksi Prefabrikasi

Kompas.com - 13/02/2021, 13:25 WIB
Struktur sementara tengah dalam proses pengerjaan. Material yang digunakan adalah baja ringan dan beton pra cetak (prefabrikasi). Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRStruktur sementara tengah dalam proses pengerjaan. Material yang digunakan adalah baja ringan dan beton pra cetak (prefabrikasi).

JAKARTA, KOMPAS.com - Metode prefabrikasi saat ini makin dikenal dalam dunia konstruksi. Tidak hanya ramah biaya, juga memungkinkan terciptanya konstruksi berkelanjutan.

Prefabrikasi adalah metode konstruksi yang dilakukan dengan membuat komponen-komponen bangunan di luar lokasi proyek dan kemudian dibawa ke lokasi.

Komponen-komponen tersebut biasanya diinstal menggunakan crane, dapat ditempatkan berdampingan, ujung ke ujung, atau ditumpuk, memungkinkan berbagai konfigurasi pemasangan.

Baca juga: Singapura Rancang Gedung Prefabrikasi Tertinggi di Dunia

Metode ini diterapkan untuk struktur yang dibangun atau diproduksi secara massal.

Namun demikian, prefabrikasi digadang-gadang menjadi sebuah konsep pembangunan masa depan di dunia dengan segudang manfaat di dalamnya.

Berikut manfaatnya:

1. Ramah lingkungan

Konstruksi prefabrikasi atau modular sering dipuji karena efisien dalam hal konsumei energi dan berkelanjutan.

Berbeda dengan metode konstruksi konvensional yang biasanya membutuhkan bahan tambahan yang menyebabkan peningkatan limbah.

Dengan menggunakan metode prefabrikasi maka bahan tamabahan itu tidak begitu saja menjadi limbah yang dapat mencemari lingkungan, melainkan akan langsung didaur ulang oleh pabrik menjadi produk yang tetap bernilai.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X