Kompas.com - 13/02/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi rayap. antipesto.comIlustrasi rayap.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap merupakan musuh bagi semua penghuni rumah, karena dapat mengancam barang-barang atau furnitur berharga.

Meski berukuran kecil, rayap mampu memakan dan merusak setiap barang dan bagian tertentu rumah.

Terlebih jika banyak bagian rumah dan barang berharga terbuat dari kayu dan kertas, ditambah suasana lembab, bukan tidak mungkin rayap akan datang dan merusak.

Nah, sebelum rayap datang dan menyerang, penting bagi Anda untuk mengetahui langkah yang mesti dilakukan untuk menghindari rumah dari serangan rayap.

1. Singkirkan Kelembapan

Kelembapan adalah salah satu alasan utama yang membuat semua jenis hama termasuk rayap masuk ke dalam rumah Anda.

Menyingkirkan kelembapan berlebih di rumah Anda akan membantu mencegah rayap. Belilah alat dehumidifier yang dapat membantu untuk mencegah kelembaban.

Baca juga: Trik Khusus Mencegah Rayap Melahap Furnitur Bambu

Sementara itu, pada musim panas, Anda bisa menyalakan AC secara berkala pada siang hari untuk menjaga suhu sejuk dan menghilangkan kelembapan berlebih dari udara di dalam ruangan.

2. Perbaiki Kebocoran

Perhatikan kebocoran atau kerusakan di rumah Anda. Atap yang rusak karena hujan, dan dindang yang lembap kerap menyebabkan munculnya rayap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X