Nelayan, Petani, dan Pedagang Bisa Akses KPR Mikro BTN dengan DP 1 Persen

Kompas.com - 16/12/2020, 19:00 WIB
Stakeholder and Relationship Department Head Bank BTN Kabul Budi Setiawan memaparkan program BTN pada acara Perumahan Berbasis Komunitas, Bogor, (16/12/2020). Suhaiela Bahfein/Kompas.comStakeholder and Relationship Department Head Bank BTN Kabul Budi Setiawan memaparkan program BTN pada acara Perumahan Berbasis Komunitas, Bogor, (16/12/2020).

BOGOR, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memiliki program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan pekerja informal berbasis komunitas.

Stakeholder and Relationship Department Head Bank BTN Kabul Budi Setiawan mengatakan, program ini merupakan bagian dari kredit ritel.

“Kami punya KPR yang menyasar langsung MBR dan berbasis komunitas namanya KPR Mikro,” jelas Kabul pada pemarannya, di Bogor, Rabu (16/12/2020).

Kabul menjelaskan, KPR Mikro ini memberikan kemudahan bagi MBR atau anggota komunitas untuk membeli lahan atau rumah.

Selain itu, produk KPR Mikro bisa dimanfaatkan untuk membangun maupun renovasi rumah secara bertahap yang juga ditujukan bagi para pekerja informal.

Baca juga: Anggota Komunitas Berpenghasilan Rp 1,2 Juta Per Bulan, Masuk Kriteria Penerima Bantuan Rumah

Dalam fitur KPR Mikro, BTN memberikan maksimal kredit 75 juta, suku bunga flat 9 persen, uang muka atau down payment (DP) 1 persen, serta jangka waktu (tenor) selama 10 tahun.

Kabul mengungkapkan, potensi pasar untuk fasilitas KPR ini sebanyak 6,83 juta yang terdiri dari para pekerja informal seperti nelayan, petani, peternak, dan pedagang kecil.

Rinciannya, sebanyak 2,35 juta merupakan pedagang kecil. Sementara jumlah total pedagang kecil ada 22 juta orang yang belum memiliki rumah.

"Hal ini disebabkan karena penghasilan yang didapatkan secara harian dan fluktuatif," imbuh Kabul.

Kemudian, 0,30 juta nelayan. Padahal, jumlah total nelayan di Indonesia mencapai 2,80 juta orang yang belum memiliki rumah karena sumber penghasilan mereka tergantung musim.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X