Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Penyaluran Kredit, BTN Gandeng Broker Properti Nasional

Kompas.com - 14/11/2020, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang akhir 2020, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN berkolaborasi dengan agen properti skala nasional seperti Era Indonesia, Harcourts, LJ Hooker, Loan Market, Remax, Century21, Projek, dan Raywhite.

Kerja sama ini dilakukan guna mendorong pasar properti sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat di seluruh tanah air untuk segera mewujudkan hunian impiannya.

Kolaborasi bisnis tersebut ditandai dengan penandatanganan program bersama antara BTN dengan agen properti yang dilakukan secara virtual, Rabu (11/11/2020).

Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar menjelaskan, program ini melibatkan sejumlah perusahaan besar yang sudah teruji kiprahnya di bisnis dan industri broker.

“Dengan kerja sama ini kami berharap dapat membatu masyarakat mencari pendanaan untuk membeli properti melalui jasa property agent serta jaringan kantor anggotanya,” ujar Suryanti dalam keterangannya, Sabtu (14/11/2020).

Baca juga: Karena Pandemi, Banyak Karyawan yang Beralih Jadi Broker Properti

Seperti diketahui, Pademi Covid-19 membuat daya beli masyarakat menurun seiring dengan kondisi perekonomian di seluruh dunia termasuk Indonesia yang kian merosot.

Industri properti merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling terdampak pandemi. Karenanya, kerja sama BTN dengan broker properti ditargetkan dapat menyasar seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan hunian.

Kerja sama antara BTN dengan broker tersebut dikukuhkan melalui pelucuran program pemasaran bersama bertajuk “Kangen BTN (Property Agent)".

Masyarakat dapat menikmati berbagai keuntungan, antara lain uang muka atau down payment (DP) mulai 10 persen serta bebas administrasi dan provisi khusus untuk wilayah kota besar seperti Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.

Sementara para agen akan mendapatkan marketing fee sebesar satu persen untuk seluruh plafon.

Di masa Pandemi Covid-19 ini, BTN terus melakukan inovasi dalam pemberian kredit KPR, KPA itu juga untuk mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan mendukung industri broker.

Dalam kesempatan ini haadir juga, Wakil Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Nurul Yaqin mengungkapkan, terwujudnya kerja sama dengan BTN melalui payung organisasi AREBI merupakan momen yang ditunggu-tunggu.

Sebab, hingga kini BTN merupakan satu-satunya institusi keuangan yang paling konsisten membantu pembiayaan industri properti.

“Kami secara institusi mendukung sepenuhnya rencana Bank BTN untuk menjadi the biggest mortgage market in Asia Tenggara,” ungkapnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com