6 Langkah Mendesain Halte Bus yang Mudah Diakses dan Aman

Kompas.com - 16/12/2020, 18:00 WIB
Desain halte bus harus mengakomodasi seluruh kalangan, termasuk warga yang memiliki keterbatasan. shutterstockDesain halte bus harus mengakomodasi seluruh kalangan, termasuk warga yang memiliki keterbatasan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Halte bus merupakan salah satu fasilitas publik yang perlu mendapatkan perhatian penatanaan ruang kota yang baik.

Keberadaan halte bus yang mudah diakses dan aman digunakan oleh pengguna jalan akan memberikan manfaat besar bagi kemajuan sebuah kota.

Salah satu manfaat yang akan dihasilkan dari halte bus yang mudah diakses adalah dapat meningkatkan mobilitas masyarakat.

Faktanya, pembangunan halte bus di banyak tempat kerap kali terabaikan. Selain sulit diakses, banyak halte bus yang justru malah mengerikan dan tidak memberi rasa aman.

Padahal, kualitas transportasi publik yang kian canggih harus juga didukung dengan fasilitas halte yang berkualitas.

Baca juga: Kota-kota Besar Dunia Perluas Jalur Pejalan Kaki dan Sepeda

Semakin banyak halte, tentu saja akan memberikan keuntungan terhadap meningkatnya jumlah penumpang yang mengunakan transportasi publik.

Dilansir dari Archdaily, Asosiasi Pejabat Transportasi Kota Nasional atau National Association of City Transportation Officials (NACTO) menyarankan enam langkah yang mesti dilakukan dalam membuat halte bus yaitu :

1. Rancang perhentian sejajar dengan trotoar

Dalam merancang sebuah halte bus, yang perlu diperhatikan adalah hubungan lalu lintas kendaraan dengan trotoar dan bangunan.

Keberadaan halte bus harus dibangun dengan menghubungkan ketiga hal tersebut sehingga penumpang dapat dengan mudah mengakses transportasi publik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X