Dua Raksasa Sinarmas Land vs Pakuwon, Siapa Pantas Jadi Raja?

Kompas.com - 31/10/2020, 20:30 WIB
Pakuwon Bekasi Superblock Pakuwon JatiPakuwon Bekasi Superblock

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor properti di Indonesia tak dapat dilepaskan dari dua pengembang besar ini, Sinarmas Land Group melalui tentakelnya PT Bumi Serpong Damai Tbk  dan PT Pakuwon Jati Tbk.

Keduanya berkontribusi besar dalam mengubah kawasan di kota-kota besar Indonesia melalui pembangunan perumahan skala kota, apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan kawasan industri.

Namun, di antara kedua raksasa ini, siapa yang pantas menyandang tahbis raja properti? Mari kita telisik lebih jauh.

CEO Leads Property Indonesia Hendra Hartono menuturkan, baik Sinarmas Land maupun Pakuwon punya kontribusi sama besar.

"Rivalitas keduanya boleh dikatakan seimbang," ujar Hendra menjawab Kompas.com, Sabtu (31/10/2020).

Baca juga: Sinarmas Land, Kandidat Pengembang Terbaik 2020

Sinarmas Land, lanjut Hendra, punya rekam jejak yang baik di subsektor perumahan tapak atau landed housing dan kawasan industri (industrial estate).

Kedua segmen ini dinilainya berhasil. Terutama pengembangan perumahan skala kota atau township development BSD City seluas 6.000 hektar yang telah menjadi kota mandiri.

BSD City di tangan Sinarmas Land juga dianggap sukses menarik minat asing setelah lepas dari Ciputra Group.

Mereka mampu mendatangkan investor kakap dengan konsep dan gaya pengembangan berbeda, sebut saja AEON Indonesia, Hong Kong Land, Unilever, Mistusbishi, Apple Incorporated, dan Surbana Jurong.

Selain BSD City, Sinarmas Land juga mengembangkan Kota Deltamas, Grand Wisata, Legenda Wisata, Kota Wisata, Wisata Bukit Mas, Grand Balikpapan, Balikpapan Baru, dan Nuvasa Bay.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X