Kompas.com - 29/10/2020, 11:02 WIB
Foto : Wakil Bupati  Flores Timur Agustinus Payong Boli, meminta Gubernur NTT. Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli, meminta Gubernur NTT.

LARANTUKA, KOMPAS.com - Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli meminta Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat mendukung perluasan Bandara Gewayana Larantuka.

Permintaan tersebut dalam rangka pengembangan pariwisata terintegrasi di Pulau Flores dan sekitarnya.

Agustinus mengatakan, untuk mewujudkan itu, pemerintah perlu mengatur rute penerbangan Labuan Bajo-Larantuka.

"Saya minta bapak Gubernur NTT mendukung perluasan Bandara Gewayana Larantuka agar pesawat jenis besar bisa melayani masyarakat Flotim Lembata langsung ke Labuanbajo dan wilayah lain di Indonesia," kata Agustinus kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Jurassic Park, Penolakan Warga, dan Upaya Perlindungan Habitat Komodo

Dia melanjutkan, pariwisata Labuan Bajo akan teritegrasi dengan wisata religi Semana Santa di Larantuka dan pantai pasir timbul di Meko, Pulau Adonara, yang teragendakan dalam kalender wisata Provinsi NTT.

Oleh karena itu, kerja sama antar-kabupaten di Flores, Lembata, Alor dan Bima diperlukan untuk mendukung pariwisata yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Flores dan sekitarnya dengan pintu masuk utama Labuan Bajo.

Hal itu penting dilakukan agar masyarakat mendapatkan manfaat langsung pariwisata untuk mendongkrak ekonomi rakyat di sektor pertanian, peternakan, perikanan dan lain sebagainya.

"Flores Timur dan Lembata secara riil akan mendukung pariwisata Labuanbajo Flores dengan mengirim pasokan ikan," kata Agustinus.

Dia mengungkapkan, menggeliatnya sektor pariwisata akan menumbuhkan pendapatan per kapita penduduk secara nyata dan tentunya akan membuat rakyat sejahtera.

"Gubernur NTT setuju hal tersebut saat saya sampaikan di Labuan Bajo kemarin. Perlu langkah konkret untuk wujudkan itu supaya masyarakat langsung memanfaatkan dampak dari pariwisata," tuntas Agustinus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.