Basuki Tegaskan Tak Ada Pembangunan Infrastruktur KSPN yang Dihentikan

Kompas.com - 27/10/2020, 18:17 WIB
Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DI Yogyakarta mengalokasikan anggaran Rp 291,3 miliar. Kementerian PUPRBalai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DI Yogyakarta mengalokasikan anggaran Rp 291,3 miliar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menarik investasi baru, menambah lapangan kerja, serta meningkatkan jumlah wisatawan, Pemerintah tetap mengerjakan pembangunan infrastruktur di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ( KSPN).

Oleh karena itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, tak ada pekerjaan pembangunan infrastruktur pada proyek KSPN yang dihentikan selama masa Pandemi Covid-19.

Pemerintah meyakini bahwa salah satu sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat pasca Pandemi Covid-19 adalah sektor pariwisata.

"Untuk itu, tidak ada kegiatan pembangunan infrastruktur pada KSPN yang dihentikan,” kata Basuki dalam keterangannya, Selasa (27/10/2020).

Basuki melanjutkan, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu, baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Jurassic Park, Penolakan Warga, dan Upaya Perlindungan Habitat Komodo

Termasuk pekerjaan peningkatan infrastruktur akses jalan dan jembatan di KSPN Borobudur yang dianggarkan senilai Rp 291,3 miliar.

Melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DI Yogyakarta ditangani preservasi Jalan Pringsurat-Secang-Keprekan sepanjang 36,9 kilometer dan jembatan 154,7 meter dengan anggaran Rp 77,17 miliar.

Kemudian ruas Batas Kota Magelang-Keprekan akan dilakukan perbaikan trotoar dan drainase, perbaikan Simpang Blondo dan Keprekan, serta rehabilitasi jalan sepanjang 8,5 kilometer. Saat ini progres fisiknya mencapai 53 persen.

Selanjutnya adalah Preservasi Jalan Keprekan-Muntilan-Salam sepanjang 12,27 kilometer dan jembatan 499,6 meter dengan anggaran Rp 65,65 miliar.

Pada ruas Jalan Pemuda (Muntilan) akan dilakukan rehabilitasi jalan sepanjang 3,67 kilometer, perbaikan trotoar dan drainase marka kuning, dengan progres saat ini 56,35 persen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X