BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Fabelio

Desain Interior Tak Bisa Asal, Ini Alasan Gunakan Jasa Desainer Interior

Kompas.com - 27/10/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi desain dan tatak letak ruang keluarga dari Fabelio Project. Dok. FabelioIlustrasi desain dan tatak letak ruang keluarga dari Fabelio Project.

KOMPAS.com - Pernahkah Anda masuk ke sebuah rumah yang cukup luas, tetapi di dalamnya terasa sempit dan sesak? Jika ya, bisa jadi ada kesalahan dalam pemilihan warna, furnitur, dan penataan ruangnya.

Mendesain interior sebuah hunian memang gampang-gampang susah, terutama bagi yang baru pertama kali memiliki rumah.

Jangankan menentukan konsep, apa yang dibutuhkan pertama kali untuk mendesain interior saja belum tentu terpikirkan.

Namun, banyaknya referensi yang tersedia dalam situs web atau tutorial Youtube membuat banyak orang berpikir bahwa mendesain interior secara mandiri mudah dilakukan dan bisa jadi lebih hemat.

Baca juga: Lagi Ngetren Bawa Ruang Kerja ke Dalam Rumah, Harus Mulai dari Mana?

Hal yang harus dicatat, punya referensi tak menjamin desain yang dibuat berhasil dan sesuai dengan harapan. Ingat, referensi yang sudah ada belum tentu bisa cocok ketika diterapkan pada hunian Anda.

Bagaimanapun, mendesain butuh pengalaman. Kalau tak tepat, kesalahan-kesalahan dalam mendesain hunian jadi tak terhindarkan. Bahkan, biaya untuk mengubahnya bisa jadi lebih besar lagi.

Karenanya, cara paling ideal adalah memakai jasa desainer profesional. Sayangnya, pilihan itu kerap diartikan sebagai langkah yang membutuhkan biaya besar.

Faktanya, jasa desainer interior bukan hanya untuk orang berduit. Dengan memakai jasa desainer profesional, Anda akan mendapat beragam kemudahan. Pemilik rumah bahkan bisa mendapat desain hunian yang ideal sesuai dengan bujet yang sudah disediakan.

Baca juga: Agar Makin Produktif dan Nyaman di Rumah, Contek Desain Ruang Kerja ala Skandinavia Ini

Efisiensi biaya dan waktu

Principle Designer Fabelio Projects Miftahuddin Nurdayat mengatakan, anggapan tentang jasa interior selalu mahal merupakan hal keliru.

“Faktanya, dengan adanya desainer interior akan membantu pemilik hunian untuk mewujudkan interior berdasarkan kebutuhan, biaya, dan waktu konstruksi sesuai dengan desain yang diinginkan,” kata Miftah pada Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Selain meminimalisasi kesalahan penataan, lanjut Miftah, sentuhan seni desainer interior dalam memperindah ruangan dapat meningkatkan nilai tambah hunian itu sendiri.

Bagi Miftah, peran desainer adalah membuat bentuk desain rancangan yang nantinya membantu rancangan konstruksi kerja menjadi lebih terarah, terorganisasi, dan efisien dari segi akurasi dan detail.

Baca juga: Seperti Apa Desain Interior Kantor yang Adaptif dengan Covid-19?

Selain itu, desainer dapat memberi ide rancangan berdasarkan bujet yang dikehendaki klien.
Anggaran yang perlu disiapkan oleh klien tentunya meliputi furnitur, bahan material, hingga beragam perabot yang akan digunakan untuk mengisi ruangan.

Selain rancangan desain, seorang desainer dapat memberi penilaian secara profesional dan obyektif tentang kondisi hunian yang akan didesain.

Penilaian yang jujur seorang desainer dapat menjadi acuan dalam menentukan konsep yang sesuai dengan rancangan desain.

Dengan begitu, kata dia, desainer interior dapat menentukan apa saja yang dapat digunakan kembali, diperbaiki, dan didesain ulang.

Baca juga: Buka Experience Studio Pertama, Fabelio Tawarkan Ragam Jasa Interior

Penilaian ini dapat menjadi pertimbangan pemilik rumah membelanjakan berbagai perabotan yang dibutuhkan dengan lebih efisien.

”Seorang desainer menawarkan sepasang ‘mata ekstra’. Mata ini dilatih untuk melihat dan memperhatikan hal-hal yang mungkin tidak diketahui pemilik rumah,” terangnya.

Menjembatani banyak pihak

Desainer interior bisa menjadi jembatan komunikasi antara pemilik hunian dan berbagai pihak seperti tim kontraktor, supplier material, dan vendor furnitur lainnya.

“Desainer dapat mendampingi dan memberikan saran desain kepada pemilik hunian sehingga proses desain dan konstruksi akan lebih efektif,” jelas Miftah.

Baca juga: Ekspansi Tiga Kota, Fabelio Bidik Kenaikan Volume Transaksi 150 Persen

Hal ini akan bermanfaat untuk mencegah kesalahan desain dalam rencana dan proses pembangunan hunian.

Sedikit fakta, hal yang kerap terjadi dalam proses desain interior biasanya terkait masalah sepele. Misalnya saja, masing-masing pihak seperti tukang bangunan, kontraktor, dan pemilik rumah kerap memiliki pemahaman sendiri-sendiri mengenai konsep desain.

Sebagai contoh, kontraktor menganggap desain yang diinginkan pemilik rumah tidak masuk akal, pekerja merasa hasil akhir yang diharapkan oleh kontraktor, dan pemilik rumah tidak mungkin terpenuhi karena berbagai keterbatasan.

Saat hal ini terjadi, di sinilah kompetensi desainer diperlukan dalam menerjemahkan keinginan dan kebutuhan kliennya.

Baca juga: Fabelio Raih Pendanaan 9 juta Dollar AS, Ini Para Investornya

Selain itu, desainer interior juga bisa memberi rekomendasi material desain interior yang paling sesuai dengan iklim tempat tinggal maupun perabotan sesuai konsep desain yang diinginkan.

Ilustrasi desain interior dapur dan ruang makan dari Fabelio Project.Dok. Fabelio Ilustrasi desain interior dapur dan ruang makan dari Fabelio Project.

Wujudkan interior ideal

Kini, kesadaran akan desain ruangan yang cantik semakin diminati masyarakat, utamanya para pasangan muda. Terlebih, saat ini informasi dekorasi mudah didapat melalui berbagai cara, misalnya aplikasi Pinterest.

Pada umumnya, pasangan muda sudah tahu model desain interior yang diinginkan. Namun, cocok tidaknya desain itu diaplikasikan pada hunian mereka perlu diuji ulang.

Oleh karena itu, mempertimbangkan jasa desainer interior profesional seperti Fabelio Projects menjadi masuk akal.

Baca juga: Semakin Luas, Fabelio Kini Sudah Punya 23 Showroom Baru di Jabodetabek dan Bandung

Pada Jumat, (25/9/2020), Fabelio secara resmi membuka dan mengoperasikan Fabelio Projects Experience Studio (FPES) di Jakarta Selatan.

FPES merupakan bagian dari layanan Fabelio Projects yang bertujuan memudahkan pelanggan dalam mewujudkan interior ideal versi mereka dengan dukungan jasa desainer interior profesional.

Selain itu, FPES juga dapat memenuhi kebutuhan interior dari berbagai sektor, baik hunian, kantor, ritel, maupun pengembang.

Co-Founder dan CEO Fabelio Marshall Utoyo mengungkapkan, dengan FPES para pelanggan tak perlu mencari dan mengunjungi banyak vendor untuk mendapatkan furnitur yang diinginkan. Sebab, FPES telah menyediakan ribuan pilihan material interior dalam satu tempat.

Baca juga: Fabelio Tawarkan Solusi Dekorasi Rumah Rp 10 Jutaan

“Kehadiran Fabelio Projects dapat membantu pelanggan memenuhi kebutuhan interior dengan desain yang memiliki estetika, fungsi, dan mudah dibangun di satu tempat serta hemat biaya,” terang Marshall.

Pihaknya berharap, pelanggan bisa menemukan interior ideal yang mereka inginkan sekaligus mempersingkat proses membangun interior ruangan yang biasanya membutuhkan waktu lama.

Wujudkan desain interior ideal sesuai kenyamanan yang diinginkan.Dok. Fabelio Wujudkan desain interior ideal sesuai kenyamanan yang diinginkan.

Konsultasi mengenai desain interior dengan Fabelio Projects juga bisa pelanggan lakukan dengan mengakses situs resmi Fabelio.

Dengan begitu, pelanggan akan mendapatkan layanan perkiraan anggaran dan desain yang diinginkan dengan mudah dari para desainer interior profesional.

Baca juga: Harbolnas, Fabelio Berikan Diskon Hingga 70 Persen

Sebagai informasi, saat ini Fabelio Projects menawarkan paket furnitur yang bisa disesuaikan dengan desain ruangan. Salah satunya layanan desain bangun menyeluruh (one-stop solution) seharga Rp 9,9 juta.

Memakai layanan tersebut, pelanggan akan mendapatkan kesempatan berkonsultasi, furnitur berkualitas, dan berbagai keuntungan, yakni garansi 3 tahun, kemudahan cicilan 0 persen lewat mitra pembayaran, serta gratis biaya antar dan jasa pemasangan.

Adapun periode promosi tersebut berlaku selama sebulan, mulai Jumat (25/9/2020) hingga Minggu (25/10/2020). Fabelio juga berencana akan membuka FPES di sejumlah kota untuk menjangkau para pelanggan di luar kota, salah satunya Bandung.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya