BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Fabelio

Agar Makin Produktif dan Nyaman di Rumah, Contek Desain Ruang Kerja ala Skandinavia Ini

Kompas.com - 10/09/2020, 14:04 WIB
Gaya desain interior Skandinavia sedang jadi tren selama tiga tahun terakhir Dok. Fabelio ProjectsGaya desain interior Skandinavia sedang jadi tren selama tiga tahun terakhir
|

KOMPAS.com - Sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, keberadaan ruang kerja di rumah mungkin dianggap tidak begitu penting bagi sebagian besar orang.

Namun, situasi berbalik saat berbagai institusi dan perusahaan menerapkan kebijakan work from home (WFH) bagi para karyawannya. Kebijakan itu diterapkan sebagai upaya untuk mengurangi dan memutus penyebaran Covid-19.

Kondisi tersebut membuat sebagian orang mulai mendedikasikan waktu untuk membenahi ruang kerja di rumah. Alasannya sederhana, rumah tidak seperti kantor yang memang dirancang khusus untuk bekerja.

Selain itu, menurut Principle Designer Fabelio Projects, Miftahuddin Nurdayat, orang perlu fokus dan konsentrasi yang tinggi agar dapat memberikan hasil yang maksimal saat bekerja di rumah.

“Untuk dapat mewujudkan itu, dibutuhkan kenyamanan dalam tata ruang kerja,” lanjutnya seperti diwartakan Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Selain memperhatikan prinsip-prinsip ergonomi, ruang kerja di rumah perlu memiliki estetika yang membangkitkan rasa nyaman sehingga orang bisa betah berlama-lama di sana.

Gaya interior Skandinavia

Gaya interior Skandinavia dikenal dengan penggabungan unsur putih dan warna-warna terang, serta penggunaan furnitur minimalis dengan aksen naturalDok. Fabelio Projects Gaya interior Skandinavia dikenal dengan penggabungan unsur putih dan warna-warna terang, serta penggunaan furnitur minimalis dengan aksen natural

Jika merasa bingung dalam merancang ruang kerja di rumah, Anda bisa coba melirik gaya interior ala Skandinavia.

Gaya interior Skandinavia adalah konsep desain yang populer diterapkan di negara-negara Eropa Utara, seperti Norwegia, Denmark, Swedia, dan Islandia.

Konsep tersebut lahir sekitar 1950-an di Eropa Utara. Melansir iDEA (12/2/2020), corak interior khas ini lahir untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan di tengah keterbatasan sumber daya yang ada.

Secara umum, gaya interior Skandinavia identik dengan penggunaan unsur putih dan warna-warna terang. Gaya ini pun dikenal dengan penggunaan furnitur-furnitur minimalis yang memiliki sentuhan aksen natural, seperti kayu.

Baca juga: Lagi Ngetren Bawa Ruang Kerja ke Dalam Rumah, Harus Mulai dari Mana?

Sentuhan minimalis dan natural tersebut menghasilkan kesan yang simpel serta hangat pada ruangan. Hal itu dinilai dapat membangkitkan semangat dan nyaman saat bekerja.

Maka dari itu, konsep desain ala Skandinavia ini bisa jadi salah satu alternatif tepat untuk rancangan ruang kerja di rumah. Berikut adalah beberapa hal yang Anda perlukan untuk menerapkannya.

Ilustrasi ruang kerja ala Skandinavia yang menyatu dengan kamar tidurDok. Fabelio Projects Ilustrasi ruang kerja ala Skandinavia yang menyatu dengan kamar tidur

1. Dinding putih

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengecat dinding ruang kerja dengan warna putih. Hal ini penting untuk mendapatkan nuansa minimalis khas Skandinavia.

Namun demikian, Anda bisa tetap berkreasi dengan warna lain. Anda bisa menambahkan sedikit elemen hitam pada perabot-perabot kecil, seperti bingkai foto, jam dinding, atau lampu meja.

Dengan mengombinasikan warna tersebut, nuansa ruangan lebih bervariasi, tetapi tidak menghilangkan kesan lembut dan minimalis.

2. Elemen kayu

Seperti telah disebutkan sebelumnya, gaya Skandinavia identik dengan elemen natural. Anda bisa mengaplikasikan elemen itu dengan menggunakan furnitur berbahan kayu, seperti kursi, meja, atau rak penyimpanan.

Selain memberi nuansa yang segar dan hangat, warna cokelat kayu mudah menyatu dengan warna putih dari dinding. Elemen natural ini pun dapat menciptakan kesan bersih dan simpel.

3. Sentuhan ornamen

Meski menganut prinsip minimalis, Anda bisa tetap menaruh beberapa ornamen agar ruang kerja di rumah lebih “berwarna”.

Salah satu ornamen yang bisa Anda taruh adalah pajangan-pajangan unik, seperti mural, lukisan kecil, atau simbol sederhana. Usahakan untuk tidak menempatkan pajangan tersebut di sisi yang terlalu tinggi agar tampilannya lebih dinamis.

Dengan demikian, Anda memiliki pemandangan yang bisa dilihat saat bekerja di rumah sehingga stres dapat sedikit berkurang.

Itulah beberapa elemen desain interior khas Skandinavia yang bisa diterapkan di ruang kerja rumah Anda.

Namun demikian, jangan terburu-buru membeli perabotan dan furnitur untuk mengisi ruang kerja Anda.

Agar hasilnya sesuai dengan keinginan Anda, pastikan untuk mempertimbangkan berbagai aspek, seperti luas dan kondisi ruangan sebelum merombaknya. Juga, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan profesional seperti Fabelio Projects untuk mewujudkan konsep ruang kerja yang Anda inginkan.

Fabelio Projects merupakan jasa layanan untuk kebutuhan desain interior. Anda akan dibantu desainer berpengalaman untuk merancang home office, mulai dari desain awal hingga pembangunan ruangan (design and build).

Anda tidak perlu repot memikirkan proses pembangunan karena Fabelio Projects menyediakan layanan menyeluruh. Terlebih, Anda bisa berkonsultasi dahulu terkait konsep dan anggaran secara gratis. Anda pun dapat merealisasikan ruang kerja impian sesuai anggaran yang dimiliki.

 


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya