Setahun Jokowi-Ma'ruf, Dua RS Darurat Covid-19 Dibangun Secepat Kilat

Kompas.com - 20/10/2020, 13:16 WIB
Ilustrasi Wisma Atlet Kemayoran. Dok. BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRIlustrasi Wisma Atlet Kemayoran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia diumumkan pada 2 Maret 2020.

Semenjak adanya Pandemi ini, Pemerintah berupaya untuk membangun sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19. Dua di antaranya dibangun dan disediakan dalam waktu singkat.

Sementara secara keseluruhan, menurut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, terdapat 903 rumah sakit siap melayani pasien Covid-19 dengan 51.198 tempat tidur yang tersedia.

"Antisipasi ini terbukti ampuh. Tidak satu pun pasien Covid-19 yang butuh perawatan intensif,
telantar, dan tidak mendapat pelayanan," ujar Moeldoko dalam laporan kinerja satu tahun Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang dikutip Kompas.com, Selasa (20/10/2020).

Dua di antara rumah sakit rujukan Covid-19 yang dibangun dan disiapkan Pemerintah dalam waktu singkat adalah Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta dan Fasilitas Observasi/Penampungan/Karantina untuk pengendalian penyakit infeksi menular di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Moeldoko mengatakan, Wisma Atlet Kemayoran diubah peruntukannya menjadi rumah sakit khusus pasiden Covid-19 dalam kurun waktu empat hari. 

Sementara itu, Fasilitas Observasi/Penampungan/Karantina pengendalian penyakit infeksi menular di Pulau Galang dibangun dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Untuk Wisma Atlet Kemayoran, terdapat empat menara dari total 10 menara Wisma Atlet Kemayoran yang akan dimanfaatkan sebagai Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19.

Empat menara tersebut adalah Tower 1, 3, 6, dan 7. Seluruh bangunan tersebut berada di Blok D10.

Tower 1 diperuntukkan bagi dokter dan petugas medis. Gedung tersebut dirancang dengan kapasitas 650 unit dan dapat menampung maksimum 1.750 orang.

Baca juga: Kisah 3 Hari Persiapan RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X