Kompas.com - 09/10/2020, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Jalan Tol Surabaya-Gresik, PT Margabumi Matraraya melaksanakan groundbreaking (peletakan batu pertama) atas konstruksi Proyek Modifikasi Simpang Susun Romokalisari, Jumat (9/10/2020).

Pelaksanaan peletakkan batu pertama tersebut ditandai dengan penekanan tombol bersama yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Margabumi Matraraya Yenny Shintawati dan Wali Kota Surbaya Tri Rismaharini.

Turut menyaksikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, serta Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian.

Direktur Utama PT Margabumi Matraraya Yenny Shintawati menargetkan, konstruksi Modifikasi Simpang Susun Romokalisari rampung Juli 2021.

Yenny berharap, proyek tersebut dapat memudahkan dan mempercepat akses Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dengan Pelabuhan Teluk Lamong dan akses utama menuju Stadion Gelora Bung Tomo.

Baca juga: 7 Titik Check-Point Disiapkan di Tol Surabaya-Gempol

"Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U20 yang dilaksanakan pada September tahun 2021," kata Yenny dalam groundbreaking, Jumat (9/10/2020).

Sementara itu, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengungkapkan, proyek tersebut memiliki dua kepentingan.

Dua kepentingan tersebut yakni, memberikan akses kepada masyarakat untuk transportasi dan mendorong BUJT untuk berinvestasi di jalan tol untuk mendapatkan manfaat dari sisi komersial.

"Jadi, ada dua kepentingan yang harus kita jaga satu sama lain," terang Danang.

Danang melanjutkan, tol tersebut harus memberikan nilai tambah di sekitar kawasan, misalnya konektivitas ke Pelabuhan atau Stadion.

Adapun proyek tersebut berlokasi di Kecamatan Benowo Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur.

Proyek ini dikerjakan dengan masa pelaksanaan proyek selama 10 bulan oleh PT Tirtobumi Adyatunggal dan PT Hutama Karya (Persero).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.