Siap-siap, Cikembar Sukabumi Bakal Kebanjiran Industri

Kompas.com - 08/10/2020, 10:52 WIB
Salah satu kawasan industri di Karawang, Jawa Barat. KOMPAS.COM/FARIDASalah satu kawasan industri di Karawang, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain koridor timur Jakarta seperti  Karawang dan Subang, kawasan lain yang diprediksi akan mengalami perkembangan pesat adalah Cikembar di Sukabumi.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengungkapkan, Cikembar menjadi pilihan investor industri karena Bogor tidak memiliki lagi persediaan lahan untuk pengembangan kawasan industri.

"Konsekuensinya, pengembangan pun beralih ke arah selatan yakni kawasan Cikembar, Sukabumi. Sudah ada lahan untuk industri seluas 223 hektar," kata Ferry, Rabu (7/10/2020).

Jika Karawang dan Subang dilengkapi faktor pembangunan infrastruktur Pelabuhan Patimban, maka Cikembar punya infrastruktur konektivitas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Selain itu, harga lahan di kawasan ini masih terbilang lebih kompetitif dibanding Bogor, Karawang atau Subang.

Baca juga: Empat Sektor Penopang Kawasan Industri dan Rekomendasi Masa Depan

Sementara untuk kinerja kawasan industri secara umum selama periode tiga kuartal Tahun 2020, Colliers mencatat tidak ada penambahan lahan, bahkan sampai pertengahah tahun depan.

Saat ini pengembang kawasan berfokus pada konsolidasi. Pemilik atau pengembang kawasan industri tidak mengembangkan lahan dan fokus pada pelayanan penyewa eksisting.

Akibatnya, total penjualan pun menurun, hanya tercatat sebesar 27,81 hektar. Sektor otomotif menjadi kontributor penjualan lahan inudtri terbesar yakni 67 persen.

Disusul sektor makanan dengan 25 persen dan data center 13 persen. Sektor terakhir ini melejit sejak ada kebijakan Pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengubah perilaku berbelanja masyarakat.

Dengan demikian, total penjualan dan penyewaan lahan hingga September 2020, hanya 118.12 hektar atau 33,4 persen dari total penjualan tahun 2019.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X