Pekerjaan Drainase Jalan Rp 153,9 Miliar, Serap 42.215 Pekerja

Kompas.com - 16/09/2020, 11:00 WIB
Program Padat Karya Tunai (PKT) drainase jalan. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRProgram Padat Karya Tunai (PKT) drainase jalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementeriaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar/Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN/BPJN) mencatat, realisasi revitalisasi drainase jalan telah menyerap anggaran 15,39 persen atau Rp 153,9 miliar.

Sementara itu, penyerapan tenaga kerja sudah mencapai target 100 persen sebanyak 42.215 orang.

Revitalisasi draianse merupakan bagian dari Program Padat Karya Tunai (PKT) sepanjang 5.000 kilometer.

Program tersebut dilakukan untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai bagian dari dampak adanya Pandemi Covid-19.

Tahun ini, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran drainase jalan nasional sebesar Rp 1 triliun dan dilaksanakan di 34 lokasi di Indonesia.

Program ini diharapkan dapat mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi.

Pembenahaan drainase sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ruas jalan penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan jalan nasional.

Baca juga: Padat Karya Tunai SDA Serap 163.003 Tenaga Kerja Total Rp 1,26 Triliun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembuatan drainase jalan pada masa lalu hanya di sisi jalan untuk menangkap aliran air (run off) pada badan jalan dan belum terhubung sampai pembuatan saluran air akhir atau terpisah dari sistem penyaluran drainase permukiman/lingkungan.

Untuk itu, revitalisasi drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan/lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan.

“Wilayah yang jalannya rusak sering kami jumpai karena sistem drainasenya kurang berfungsi. Kementerian PUPR fokus pada pembangunan dan peningkatan drainase khususnya pada jalan nasional,” kata Basuki seperti dikutip Kompas.com dari laman Kementerian PUPR, Rabu (16/9/2020).

Salah satu pelaksanaan revitalisasi drainase jalan nasional dilakukan di Pulau Papua dengan anggaran Rp 81,4 miliar ini telah menyerap 14.061 tenaga kerja.

Pada tahun 2021, Kementerian PUPR akan melanjutkan Program PKT revitalisasi drainase dengan anggaran sebesar Rp 1,50 triliun.

Pelaksanaan konstruksi tersebut pun tetap menjaga mutu produk, keselamatan dan kesehatan kerja, serta menggunakan produksi dalam negeri.

Pembangunan drainase pada ruas jalan nasional sangat mendesak dilakukan mengingat sifat aspal yang mudah rusak apabila terendam air.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X