Triwulan III, Program Sejuta Rumah Capai 264.457 Unit

Kompas.com - 27/08/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi perumahan. Dok. Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPRIlustrasi perumahan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, capaian Program Sejuta Rumah hingga Triwulan-III mencapai 264.457 unit rumah.

Angka tersebut berasal dari 212.743 rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan 51.714 rumah non-MBR.

Pemerintah mengakui bahwa Pandemi Covid-19 cukup berdampak signifikan pada pelaksanaan Program Sejuta Rumah di lapangan.

Meski demikian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengarahkan, Program Sejuta Rumah tetap dilanjutkan pelaksanaannya.

Tujuannya, agar setiap masyarakat Indonesia dapat memiliki dan tinggal di rumah layak huni.

Terutama pada situasi saat ini, kebutuhan rumah menjadi menjadi salah satu hal penting bagi masyarakat agar bisa terhindar dari penularan Covid-19.

Baca juga: Pendapatan Pakuwon Selama Kuartal I Merosot 3,5 Persen

Program Sejuta Rumah akan tetap dilanjutkan karena rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi,” ujar Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (27/8/2020)

Meski demikian, Ditjen Perumahan Khalawi Abdul Hamid tetap optimis, Program Sejuta Rumah bisa tercapai hingga satu juta unit rumah pada akhir tahun ini.

Selain itu, Pemerintah juga berusaha untuk melakukan pembangunan fisik perumahan yang termasuk dalam Program Sejuta Rumah.

"Kami agar tetap optimis dan berusaha agar capaian pembangunan Program Sejuta Rumah tetap meningkat sebab proses pembangunan rumah di lapangan terus berjalan," imbuhnya.

Kementerian PUPR juga tengah berupaya melakukan pembangunan fisik perumahan lainnya yang termasuk dalam Program Sejuta Rumah.

Sebagai contoh, pembangunan rumah susun, rumah swadaya, rumah khusus, serta dan prasarana sarana dan utilitas ( PSU) seperti jalan lingkungan perumahan yang diharapkan dapat tetap berjalan di lapangan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X