Jasa Marga Cetak Laba Rp 105,7 Miliar

Kompas.com - 26/08/2020, 17:36 WIB
Ilustrasi to Dok. Jasa MargaIlustrasi to

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja PT Jasa Marga (Persero) Tbk cukup positif selama semester I-2010.

Investor Relations Department Head Jasa Marga Pramitha Wulanjani menuturkan, pandemi Covid-19 turut memengaruhi bisnis serta meningkatkan beban bunga seiring pengoperasian jalan tol baru.

Meski demikian, laba bersih perseroan pada semester I-2020 tercatat sebesar Rp 105,7 miliar.

"Perseroan berkomitmen untuk terus menjaga kinerja perusahaan agar tetap posiif di tengah pandemi Covid-19, salah satunya melakukan efisiensi di beban usaha maupun pengendalian capex, baik capex operasional maupun pengembangan usaha," ujar Pramitha saat Public Expose, Rabu (26/8/2020).

Pendapatan perusahaan juga meningkat pada tahun 20019 lalu sebesar 12,3 persen. Peningkatan ini terjadi karena beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan dilakukannya integrasi pada ruas Jakarta-Cikampek.

Namun secara tahunan, pendapatan Jasa Marga merosot 15,75 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Menurutnya, hal ini terjadi lantaran adanya penurunan volume lalu lintas akibat adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), imbauan untuk tidak bepergian, dan peenrapan kebijakan work from home.

Baca juga: Jasa Marga Bakal Eksekusi Tiga Proyek Besar TCD Kuartal II-2021

Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto menuturkan, dampak dari pemberlakukan kebijakan selama pandemi cukup terasa pada Bulan Maret dan April.

Bahkan pada bulan Mei, pendapatan perusahaan anjlok hingga 50 persen. Meski demikian, setelah adanya pelonggaran PSBB, pendapatan perusahaan mengalami peningkatan pada bulan Juni 2020.

"Alhamdulilah, mulai Juni di saat relaksasi PSBB mulai terjadi, ekonomi mulai bergerak pendapatan kami membaik," kata Eka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X