Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Targetkan Konstruksi Tol Probowangi Dimulai Oktober 2020

Kompas.com - 05/08/2020, 12:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan dapat memulai pekerjaan konstruksi Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) sekitar Oktober-November 2020.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan, untuk segera memulai pekerjaan ini dibutuhkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). Perusahaan menargetkan SPMK ini terbit pada Oktober. 

"Kami menargetkan SPMK terbit pada Oktober 2020. Jadi, pekerjaan bisa dimulai sekitar Oktober-November," ujar Subakti kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Baca juga: Jasa Marga Pastikan Pembebasan Lahan Tol Probowangi Maret 2020

Jalan Tol Probowangi dirancang sepanjang 171,516 kilometer yang terbagi menjadi tiga seksi. Seksi 1 Probolinggo-Besuki (29,6 kilometer), Seksi 2 Besuki-Bajulmati (110,875 kilometer), dan Seksi 3 Bajulmati-Ketapang (31,041 kilometer).

Jalan bebas hambatan ini akan menjadi titik akhir jaringan Jalan Tol Trans Jawa. Konsesi untuk pembangunan jalan tol ini adalah 35 tahun dengan dana investasi mencapai Rp 23,3 triliun.

Menurut Subakti, saat ini anak usaha Perseroan yakni PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (PT JPB) yang memegang konsesi pembangunan Tol Probowangi, masih menunggu penyerahan sebagian lahan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Hal ini menyusul progres pembebasan lahan sampai dengan 31 Juli 2020 untuk Seksi 1 mencapai 18,76 persen dari total panjang 29,6 kilometer, dan Seksi 3 mencapai 54,18 persen dari total panjang 31,041 kilometer.

Sementara lahan untuk konstruksi Seksi 2 sepanjang 110,875 kilometer masih belum dibebaskan.

Baca juga: Tol Probowangi Terhambat Lahan dan Perubahan Kepemilikan Saham

"Status saat ini, sudah terdapat kontrak jasa konstruksi Seksi 1 yang terdiri dari 3 paket pekerjaan untuk Desember 2019 dan Januari 2020. Namun, karena kondisi Covid-19, JPB menerbitkan surat penundaan pelaksanaan kontrak," jelas Subakti.

Adapun Paket 1 akan dikerjakan oleh KSO PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Paket 2 dikerjakan oleh KSO PT Adhi Karya (Persero) Tbk-PT Nindya Karya (Persero) dan PT Brantas Abipraya (Persero).

Sedangkan Paket 3 dikerjakan oleh KSO PT PP (Persero) Tbk dan Gorip Nanda Guna.

Konstruksi Jalan Tol Probowangi secara keseluruhan direncanakan bisa selesai pada 2025 mendatang.  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com