Jokowi Resmikan Tol Pertama di Bumi Serambi Mekkah

Kompas.com - 25/08/2020, 13:00 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4, Selasa (25/8/2020). Hutama KaryaPresiden Joko Widodo meresmikan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4, Selasa (25/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan secara langsung tol pertama di Bumi Serambi Mekkah,  Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, Selasa (25/8/2020).

Tol sepanjang 14 kilometer ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Dalam sambutannya, Jokowi menuturkan, Indonesia sedang berada dalam situasi pandemi Covid-19, namun pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas karena posisi infrastruktur di Indonesia yang masih cukup tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain.

“Ketertinggalan infrastruktur ini berdampak pada biaya logistik yang menjadi lebih mahal, sehingga menyebabkan daya saing kita tidak baik kalau dikompetisikan dengan negara tetangga,” kata Jokowi.

Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit bagi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Siap Diresmikan Jokowi

JTTS yang menyambungkan Aceh sampai ke Lampung dengan total panjang 2765 kilometer, diharapkan akan mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Pulau Sumatra.

Selain itu, juga dapat meningkatkan efisiensi waktu tempuh menjadi 53 jam sepanjang koridor pembangunan ini.

Ruas tol yang dibangun sepanjang 13,5 kilometer ini menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)Dok.Hutama Karya Ruas tol yang dibangun sepanjang 13,5 kilometer ini menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)
Jokowi menekankan, yang paling penting adalah keberadaan jalan tol ini dapat meningkatkan multiplier effect dua sampai tiga setelah selesai dibangun pada 2024, serta menyerap tenaga kerja hingga 296.000 orang untuk total 18 ruas.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi progres pembebasan lahan yang cukup pesat pada proyek pembangunan JTTS ruas Sigli-Banda Aceh.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur karena pembebasan lahan di Aceh ini paling cepat sepanjang yang saya tahu. Pembebasan lahan sudah mencapai 86 persen," kata dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X