Tiga Investor Lolos Pra-kualifikasi Lelang Sistem Transaksi Tol MLFF

Kompas.com - 25/08/2020, 11:53 WIB
Ruas tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang). Dok. Hutama KaryaRuas tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah tiga investor lolos pra-kualifikasi pelelangan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan hal itu kepada Kompas.com, Selasa (25/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Danang, tiga investor tersebut di luar perusahaan pemrakarsa Roatex Ltd Zrt, asal Hongaria.

"Hasil pelelangan ini sudah dikirimkan ke seluruh 31 peserta pra-kualifikasi. Termasuk investor pemrakarsa," ujar Danang.

Baca juga: Dua Kriteria yang Harus Dipenuhi Peserta Tender MLFF

Namun demikian, Danang menolak menyebutkan nama ketiga investor tersebut karena akan diumumkan secara resmi setelah masa sanggah.

Untuk diketahui, saat ini merupakan masa sanggah yang berlangsung selama tujuh hari. Masa sanggah ini adalah kesempatan bagi 31 investor untuk mengajukan keberatan atas hasil pelelangan pra-kualifikasi.

"Kalau ada yang keberatan, sekarang saatnya masa sanggah," imbuh Danang.

Proyek sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis MLFF merupakan prakarsa dari Badan Usaha (unsolicited project) asal Hongaria yakni Roatex Ltd Zrt yang telah disetujui sebagai pemrakarsa proyek sejak 31 Oktober 2019 lalu.

Roatex memiliki Hak Menyamakan Penawaran (right to match) proses pra-kualifikasi yang dilaksanakan sepenuhnya secara elektronik (daring).

MLFF sendiri merupakan bagian dari elektronifikasi transaksi di bidang transportasi yang didukung oleh lembaga pengelola yang berperan sebagai Toll Service Provider (TSP) atau Electronic Toll Collection (ETC).

Baca juga: Jasa Marga Dukung Penerapan Sistem Transaksi MLFF, Asal E-TLE Dijalankan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.