Kompas.com - 24/08/2020, 20:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alibaba Group Holding Limited mencatatkan lonjakan pendapatan 34 persen menjadi Rp 319 triliun secara tahunan hingga Juni 2020.

Chairman dan Chief Executive Officer of Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan, perusahaan berada pada posisi yang baik untuk dapat mewujudkan perkembangan dari transformasi digital yang tengah terjadi.

"Transformasi ini kian dipercepat dengan adanya pandemi Covid-19, baik dari segi konsumsi maupun dari segi operasi bisnis,” ujar Daniel dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Tak hanya pendapatan, konsumen aktif pun terus meningkat menjadi 742 juta orang hanya untuk kawasan China per Maret 2020. Angka ini bertambah 16 juta dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: CEO SoftBank Mundur dari Jajaran Direksi Alibaba

Peningkatan juga terjadi pada jumlah konsumen aktif market place Mobile MAU sebesar 28 juta menjadi 874 juta orang.

Ada pun penghasilan dari operasional tercatat senilai Rp 72 triliun atau tumbuh 42 persen secara tahunan.

Sementara EBITDA yang disesuaikan, meningkat sebesar 30 persen menjadi Rp 105,9 triliun, dan EBITA yang disesuaikan, naik 31 persen menjadi Rp 94,1 triliun.

Daniel menuturkan, perusahaan memobilisasi seluruh infrastruktur digital untuk mendukung pemulihan bisnis yang meliputi berbagai sektor, seraya memperluas dan mendiversifikasi basis konsumen, dengan memanfaatkan perubahan preferensi pasca Covid-19.

"Meskipun kita berada di masa yang tidak biasa, kami tetap fokus pada tujuan jangka panjang, perwujudan misi, dan menciptakan nilai bagi konsumen dan pelanggan bisnis," imbuh Daniel.

Chief Financial Officer of Alibaba Group Maggie Wu menambahkan, bisnis perdagangan inti domestik Perusahaan telah sepenuhnya seperti masa sebelum pandemi Covid-19.

Baca juga: Alibaba Siap Rekrut 5.000 Karyawan Secara Global untuk Bisnis Cloud

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.