Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Siap Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 24/08/2020, 12:30 WIB
Ruas tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang). Dok. Hutama KaryaRuas tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) telah menyelesaikan pembangunan ruas Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang).

Ruas tol yang dibangun sepanjang 13,5 kilometer ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan, penyelesaian konstruksi tol dibuktikan dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan dan Pengoperasian tol.

"Artinya tol sudah melalui tahapan-tahapan untuk pengoperasian dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo," kata Budi melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Baca juga: Masuk Uji Laik Fungsi, Tol Sigli-Banda Aceh Akan Dibuka Fungsional

Budi menambahkan, penyelesaian pembangunan tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli maupun dari Sigli-Indrapuri ke Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kabupaten Aceh Besar.

Dalam konstruksinya, Hutama Karya berkolaborasi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. selaku kontraktor.

Ruas tol yang dibangun sepanjang 13,5 kilometer ini menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)Dok.Hutama Karya Ruas tol yang dibangun sepanjang 13,5 kilometer ini menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)
Tol Sigli-Banda Aceh terdiri dari enam seksi yaitu seksi 1 Padang Tiji-Seulimum sepanjang 24,3 kilometer, Seksi 2 Seulimum-Jantho sepanjang 7,6 kilometer, Seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 kilometer.

Kemudian Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer, Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro sepanjang 7,7 kilometer, dan Seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam sepanjang 5 kilometer.

Sepanjang ruas tersebut juga terdapat dua interchange atau Simpang Susun (SS) yakni Simpang Susun Indrapuri dan Simpang Susun Blang Bintang.

Baca juga: Pembebasan Lahan Mulus, Tol Banda Aceh-Sigli Operasional 2021

Selain itu, jalan bebas hambatan ini juga dilengkapi dengan satu gerbang tol (GT) yakni GT Indrapuri, dua buah Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A yang berada di KM 54 dan saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

Budi menambahkan, apabila terhubung, jalan tol ini dapat menampung volume kendaraaan hingga 3.000 unit setiap harinya.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X