Cara Unik Amsterdam Kurangi Kebiasaan Kencing Sembarangan

Kompas.com - 24/08/2020, 10:30 WIB
Setelah tangki dikosongkan, campuran urin dan rami dapat digunakan untuk pupuk organik untuk taman kota, taman atap, dan pertanian kota. GreenPeeSetelah tangki dikosongkan, campuran urin dan rami dapat digunakan untuk pupuk organik untuk taman kota, taman atap, dan pertanian kota.

KOMPAS.com - Kebiasaan buang air kecil ( kencing) sembarangan menjadi masalah serius di kota-kota besar. Selain mengganggu, kebiasaan ini juga bisa merusak bangunan atau situs-situs bersejarah.

Namun, Kota Amsterdam punya cara unik untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Dewan Kota Amsterdam memasang delapan urinal yang berisi rami.

Seluruh urinal tersebut ditempatkan di lokasi-lokasi yang sering digunakan untuk buang air kecil sembarangan di kota itu.

Baca juga: Viral! Begini Penampakan Toilet Abad Pertengahan

Sekilas, alat yang dinamai GreenPee itu terlihat seperti dekorasi taman dengan tanaman yang tumbuh pada bagian atasnya.

Tetapi jika dilihat dari dekat, maka Anda akan melihat adanya celah pada bagian samping urinal. Celah tersebut bisa digunakan untuk buang air kecil.

Alat ini diproduksi oleh perusahaan Belanda, Urban Senses. Hingga saat ini, total ada 12 urinal yang dipasang di seluruh Amsterdam.

Penemu GreenPee, Richard de Vries mengatakan, dewan kota memasang urinal berkelanjutan guna mengurangi kebiasaan buang air kecil sembarangan.

Baca juga: Amsterdam Ciptakan Kapal yang Berfungsi sebagai Jembatan Penyeberangan

GreenPee memiliki banyak manfaat, menurut De Vries, alat ini berfungsi melindungi bangunan bersejarah dari efek korosif yang diakibatkan oleh urin.

Manfaat lainnya adalah mengurangi penggunaan air dibandingkan dengan memasang toilet tradisional.

Selain itu, urin yang dihasilkan tidak dibuang percuma. GreenPee juga dinilai merupakan pilihan yang lebih berkelanjutan karena mengubah urin menjadi pupuk organik untuk tanaman.

Halaman:


Sumber CNN,Dezeen
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X