Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Siap Diresmikan Jokowi

Ruas tol yang dibangun sepanjang 13,5 kilometer ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan, penyelesaian konstruksi tol dibuktikan dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan dan Pengoperasian tol.

"Artinya tol sudah melalui tahapan-tahapan untuk pengoperasian dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo," kata Budi melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Budi menambahkan, penyelesaian pembangunan tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli maupun dari Sigli-Indrapuri ke Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kabupaten Aceh Besar.

Dalam konstruksinya, Hutama Karya berkolaborasi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. selaku kontraktor.

Kemudian Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer, Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro sepanjang 7,7 kilometer, dan Seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam sepanjang 5 kilometer.

Sepanjang ruas tersebut juga terdapat dua interchange atau Simpang Susun (SS) yakni Simpang Susun Indrapuri dan Simpang Susun Blang Bintang.

Selain itu, jalan bebas hambatan ini juga dilengkapi dengan satu gerbang tol (GT) yakni GT Indrapuri, dua buah Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A yang berada di KM 54 dan saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

Budi menambahkan, apabila terhubung, jalan tol ini dapat menampung volume kendaraaan hingga 3.000 unit setiap harinya.

https://properti.kompas.com/read/2020/08/24/123000421/tol-sigli-banda-aceh-seksi-4-siap-diresmikan-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke