Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pariwisata, Pemerintah Bangun Rest Area 7 Hektar di Puncak

Kompas.com - 03/08/2020, 15:10 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan pembangunan rest area untuk mendukung jalur pariwisata di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Pembangunan rest area ini merupakan bagian dari program penataan kawasan Puncak yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Konstruksi rest area ini juga diikuti dengan pemindahan pedagang kaki lima ke tempat yang lebih layak dan aman.

"Penataan kawasan Puncak merupakan salah satu upaya jangka panjang mengurangi risiko terjadinya longsor pada jalur Puncak akibat adanya perubahan pemanfaatan ruang, curah hujan tinggi, dan kondisi topografi," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Pemilik Vila di Puncak Wajib Sediakan Lahan Terbuka Hijau

Konstruksi rest area akan dimulai pada tahun ini dan diperkirakan pekerjaannya selesai pada tahun 2021 mendatang.

Pembangunan rest area ini memanfaatkan lahan seluas 7 hektar milik PT Perkebunan Nusantara VIII yang berada di dekat kawasan Agrowisata Gunung Mas, Bogor.

Rest area tersebut akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara.

Di antaranya, 3 lokasi area parkir dengan total luas 1,774 meter persegi untuk menampung sekitar 500 mobil, masjid seluas 576 meter persegi, plaza pandang seluas 572,27 meter persegi, meeting point (titik temu), taman atau ruang terbuka hijau, serta amphitheater.

Untuk mengakomodasi para pedagang kaki lima, Pemerintah akan membangun sebanyak 516 kios seluas 11 meter persegi yang terbagi menjadi 100 kios basah dan 416 kios kering.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan membangun kolam retensi seluas 2,041 meter persegi, Tempat Pengelolaan Sampah (TPS), dan toilet modern.

Baca juga: Contraflow Puncak Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang

Rincian toilet yang akan dibangun sebanyak 28 unit untuk perempuan, 22 unit untuk laki-laki, 19 unit urinoir, 26 unit wastafel untuk mendukung penyediaan air bersih dan sanitasi.

Adapun, total anggaran pembangunan rest area  di Kawasan Puncak mencapai Rp 61,7 miliar.

Selain membangun rest area, dukungan penataan kawasan Bogor juga dilakukan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR berupa pelebaran jalur Puncak Bogor sepanjang 6 kilometer.

Pengerjaannya terbagi menjadi 5 segmen mulai dari Gadog (Ciawi) hingga Cisarua (Puncak).

Penanganan ruas jalan Puncak Bogor dilakukan secara bertahap sejak akhir tahun 2018 dengan biaya sebesar Rp 73,1 miliar melalui skema tahun jamak Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2018 hingga 2019.

Pada tahun 2018, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan duplikasi Jembatan Gadog sepanjang 52 meter di Kecamatan Ciawi.

Jembatan tersebut telah berfungsi meningkatkan kapasitas jalan dan mengurangi beban lalu lintas jembatan lama yang tetap dipakai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com