Dukung Pariwisata, Pemerintah Bangun Rest Area 7 Hektar di Puncak

Kompas.com - 03/08/2020, 15:10 WIB
Ilustrasi jalan. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRIlustrasi jalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan pembangunan rest area untuk mendukung jalur pariwisata di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Pembangunan rest area ini merupakan bagian dari program penataan kawasan Puncak yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Konstruksi rest area ini juga diikuti dengan pemindahan pedagang kaki lima ke tempat yang lebih layak dan aman.

"Penataan kawasan Puncak merupakan salah satu upaya jangka panjang mengurangi risiko terjadinya longsor pada jalur Puncak akibat adanya perubahan pemanfaatan ruang, curah hujan tinggi, dan kondisi topografi," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Pemilik Vila di Puncak Wajib Sediakan Lahan Terbuka Hijau

Konstruksi rest area akan dimulai pada tahun ini dan diperkirakan pekerjaannya selesai pada tahun 2021 mendatang.

Pembangunan rest area ini memanfaatkan lahan seluas 7 hektar milik PT Perkebunan Nusantara VIII yang berada di dekat kawasan Agrowisata Gunung Mas, Bogor.

Rest area tersebut akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara.

Di antaranya, 3 lokasi area parkir dengan total luas 1,774 meter persegi untuk menampung sekitar 500 mobil, masjid seluas 576 meter persegi, plaza pandang seluas 572,27 meter persegi, meeting point (titik temu), taman atau ruang terbuka hijau, serta amphitheater.

Untuk mengakomodasi para pedagang kaki lima, Pemerintah akan membangun sebanyak 516 kios seluas 11 meter persegi yang terbagi menjadi 100 kios basah dan 416 kios kering.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan membangun kolam retensi seluas 2,041 meter persegi, Tempat Pengelolaan Sampah (TPS), dan toilet modern.

Baca juga: Contraflow Puncak Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X