Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contraflow Puncak Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang

Kompas.com - 02/08/2020, 20:28 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperpanjang kebijakan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (2/8/2020).

Hal ini menyusul volume lalu lintas yang terus meningkat menuju arah Jakarta. Rekayasa lalu lintas ini semula semula diberlakukan di KM 65 sampai dengan KM 47, saat ini diperpanjang mulai dari KM 69-KM 47 sejak pukul 18.38 WIB.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengharapkan, diberlakukannya contraflow ini, dapat mencairkan kepadatan.

Baca juga: Ini Strategi Jasa Marga Atasi Puncak Kemacetan Setelah Idul Adha

Terutaa di titik simpang susun Dawuan (KM 66) akibat pertemuan lalu lintas kendaraan dari Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta.

"Tidak hanya itu, diharapkan contraflow juga dapat mengurangi kepadatan jelang titik-titik rest area seperti rest area KM 62 dan KM 52," ujar Miko dalam keterangannya.

Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran rekayasa lalu lintas ini, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

Jasa Marga memantau antrean kendaraan jelang Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Jakarta cenderung normal, saat ini terpantau antrean 3-5 kendaraan dengan kapasitas gardu tol beroperasi maksimal untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas arus balik Idul Adha 1441 H.

Perusahaan juga mengimbau seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com