Desain Ikigai, Rahasia Panjang Umur Masyarakat Jepang

Kompas.com - 27/07/2020, 16:00 WIB
Lobby Yukata Suites dengan konsep Ikigai Waskita RealtyLobby Yukata Suites dengan konsep Ikigai

JAKARTA, KOMPAS.com - Beradaptasi dengan kebiasaan baru selama masa Pandemi Covid-19 tentu membutuhkan usaha ekstra, terutama bila kebersihan dan kesehatan rumah menjadi hal utama.

Karena itu, perlu penataan rumah dengan kondisi ruang yang disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Termasuk menjaga sirkulasi udara dan penyebaran cahaya agar dapat berjalan maksimal menerangi rumah.

Selain itu, menata barang dan segala furnitur dan perlengkapan rumah juga tidak boleh diabaikan.

Nah, belakangan ini kita sering mendengar kata Ikigai, sebuah filosofi dari bahasa Jepang yang bermakna ‘tujuan dan nilai hidup dalam menghadapi hari’.

Baca juga: Anti-gagal, Begini Cara Bersihkan Wallpaper dengan Benar!

Menurut Vice President Corporate Secretary Waskita Realty Reza Erlangga Ludwian, mindfulness atau kesadaran hidup menjadi poin penting dalam menjalani hidup.

Waskita juga menerapkan konsep ini pada hunian vertikal ( apartemen) Yukata Suites, di Tangerang, Banten.

"Konsep sederhana ala Jepang ini dapat membantu penghuni rumah menemukan Ikigai melalui lingkungan dan ruang yang asri, menenangkan dan tata ruang fungsional,” kata Reza dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (27/7/2020).

Konsep Ikigai, lanjut dia, merupakan rahasia panjang umur sekaligus kunci kesadaran hidup masyarakat Jepang yang mereka jalani sebagai salah satu fondasi untuk menghadapi tantangan-tantangan hidup.

Anda bisa menerapkan  konsep Ikigai dengan meningkatkan kesadaran akan tujuan dari setiap benda yang ada di seluruh penjuru rumah.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X