Pemerintah Tuntaskan 7 Fasilitas Umum di Papua Pasca-kerusuhan

Kompas.com - 17/07/2020, 15:38 WIB
Salah satu gedung yang direhabilitasi di Jayapura dan Wamena. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRSalah satu gedung yang direhabilitasi di Jayapura dan Wamena.

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Ditjen Cipta Karya  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan perbaikan dan rehabilitasi 7 fasilitas umum di Jayapura dan Wamena di Provinsi Papua pasca aksi massa yang terjadi pada 29 Agustus 2019 lalu.

Perbaikan dan rehabilitasi fasilitas umum tersebut menindaklanjuti amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Kementerian PUPR

“Dalam pelaksanaan rehabilitasi ini, Kementerian PUPR melibatkan kontraktor lokal di bawah Gapensi dan masyarakat setempat untuk bersinergi agar penanganannya berjalan cepat dan memiliki kualitas yang baik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sepeti dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (17/7/2020).

Baca juga: Pemerintah Kucurkan Lebih dari Setengah Triliun Rupiah Bedah Rumah di Papua

Lokasi pekerjaan rehabilitasi yang ditangani Kementerian PUPR di Jayapura yaitu, Aula Majelis Rakyat Papua (MRP), Gedung BLK Kelas II Abepura, dan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara perbaikan fasilitas di Wamena berupa rehabilitasi Pasar Wouma, rehabilitasi 403 unit ruko, STISIP Amal Ilmiah Yapis, dan Gedung Kantor Uurusan Agama ( KUA) Kabupaten Jayawijaya.

Rehabilitasi Aula MRP Jayapura yang dilaksanakan pada 13 September 2019 hingga 8 April 2020 telah rampung dengan anggaran sebesar Rp 7,709 miliar.

Kemudian, rehabilitasi dan rekonstruksi Gedung BLK Kelas II Abepura juga telah selesai dengan anggaran Rp 1,8 miliar dengan lama pengerjaan sejak 13 September hingga 12 Maret 2020.

Adapun, Gedung BLK Kelas II Abepura telah diserahterimakan kepada pimpinan Majelis Rakyat Papua untuk segera dimanfaatkan pada 18 Juni 2020.

Baca juga: Fasilitas Isolasi Lamongan Terima Pasien Covid-19 dari Rumah Sakit

Sementara rekonstruksi Gedung KPUD Jayapura yang berlokasi di Jalan Soa Siu Kota Jayapura seluas 907 meter persegi dengan pekerjaan berupa struktur, arsitektur, dan MEP telah selesai konstruksinya dengan memakan biaya sebanyak Rp 11,77 miliar. 

Rehabilitas dan rekonstruksi Pasar Wouma di Wamena telah selesai 100 persen dengan anggaran Rp 2,18 miliar.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X