Jelang PON XX, 7 Fasilitas Umum di Papua Direkonstruksi

Kompas.com - 23/05/2020, 13:11 WIB
Kementerian PUPR Rehabilitasi dan Rekonstruksi Gedung BLK dan 6 Fasilitas Umum di Jayapura dan Wamena Dok. PUPRKementerian PUPR Rehabilitasi dan Rekonstruksi Gedung BLK dan 6 Fasilitas Umum di Jayapura dan Wamena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya melakukan perbaikan fasilitas umum di Jayapura dan Wamena pasca-aksi massa yang terjadi pada 29 Agustus 2019 lalu.

Kepala Pusat Pengembangan Sarpras Pendidikan, Olahraga dan Pasar, Iwan Suprijanto sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan, perbaikan dilakukan sebagai pemulihan dari kerusuhan menjelang PON XX di Papua.

"Rehabilitasi dan rekonstruksi ini dilaksanakan sebagai bagian upaya pemulihan pasca kerusuhan sekaligus upaya mendukung situasi kondusif menjelang PON XX Papua," tutur Iwan dalam siaran resmi yang diterima Kompas.com Sabtu (23/5/2020). 

Baca juga: Imbas Covid-19, Pekerjaan Arena PON XX Papua Diperpanjang

Perbaikan fasilitas umum tersebut meliputi perbaikan gedung pemerintahan, pasar serta fasilitas pendidikan sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR.

Lokasi pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilakukan di Jayapura yakni di Aula Majelis Rakyat Papua (MRP), Gedung BLK Kelas II Abepura dan Gedung KPU.

Sementera yang dilakukan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya Pasar Wouma, yakni rehabilitasi 403 unit ruko, rekonstruksi STISIP Amal Ilmiah Yapis dan Gedung KUA Kabupaten Jayawijaya.

Progres pengerjaan Aula MRP Jayapura yang dilaksanakan pada 13 September 2019-8 April 2020 telah mencapai 100% dengan anggaran rehabilitasi aula sebesar Rp 7,075 miliar.

Progres Gedung BLK Kelas II Abepura juga telah mencapai 100 persen. Gedung ini dikerjakan pada 13 September 2019-17 Maret 2020 dengan anggaran Rp 1,46 miliar.

Sementara Gedung KPU Jayapura progresnya saat ini mencapai 65,42 persen dengan anggaran Rp 11,178 miliar.

Rehabilitasi dan rekonstruksi Pasar Wouma di Wamena juga telah selesai 100 persen dengan anggaran Rp 2,181 miliar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X