Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rest Area Tol Balikpapan-Samarinda Resmi Beroperasi

Kompas.com - 16/07/2020, 12:31 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Related Business (JMRB) mengoperasikan Rest Area KM 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda arah Balikpapan.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari menyatakan, rest area tersebut dioperasikan secara fungsional dan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Rest Area KM 36A Balikpapan-Samarinda sudah dioperasikan secara fungsional sejak 17 Desember 2019 lalu, bertepatan dengan peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi II, III, dan IV (Samboja-Samarinda) sepanjang 58,47 kilometer.

Baca juga: Jasa Marga Genjot Tahap 2 Rest Area Tol Trans Jawa

Tita menuturkan, rest area yang berada di jalan tol pertama di Pulau Kalimantan itu telah dilengkapi oleh beragam fasilitas utama, di antaranya adalah area parkir, toilet gratis, sarana ibadah, area kuliner, mini market, dan SPBU.

"Meski masih beroperasi secara fungsional, rest area KM36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda arah Balikpapan sudah dilengkapi oleh fasilitas utama yang memenuhi SPM. Termasuk SPBU Modular," ujar Tita melali keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/7/2020).

Tita menjelaskan, saat ini lahan parkir yang tersedia di rest area seluas 4,5 hektare tersebut memiliki kapasitas 50 kendaraan kecil dan 30 kendaraan besar.

Sementara untuk fasilitas toilet gratis sudah disediakan di dua titik yakni toilet utama dan toilet di area masjid.

Baca juga: Mudik ke Jakarta, Berikut Rest Area Tol Trans-Jawa yang Bisa Disinggahi

Nantinya, fasilitas yang ada di rest area tersebut akan terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna tol, termasuk untuk area komersial.

Tita menambahkan, pihaknya membuka peluang bagi pebisnis lokal untuk mengembangkan usaha di resta area.

Sebab, rest area yang dikembangkan oleh PT JMRB memiliki sejumlah ruang usaha bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com