Tol Kapal Betung Tersambung, Palembang-Bandar Lampung Cuma 3,5 Jam

Kompas.com - 02/05/2020, 17:31 WIB
Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 resmi beroperasi mulai Rabu (1/4/2020) pukul 07.00 WIB.
Dok. Waskita Toll RoadTol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 resmi beroperasi mulai Rabu (1/4/2020) pukul 07.00 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan proyek Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) secara keseluruhan ditargetkan rampung pada Januari 2022.

Hal ini seiring dengan penyelesaian konstruksi Jembatan Ogan Tol Kapal Betung.

Kelak jika beroperasi, tol ini mampu mempersingkat waktu tempuh dari Palembang ke Bandar Lampung menjadi hanya 3,5 jam.

"Perjalanan dari Palembang ke Bandar Lampung lebih singkat lewat jalan ini, hanya 3,5 jam," kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sabtu (2/5/2020), Tol Kapal Betung terdiri dari tiga seksi.

Baca juga: Jembatan Ogan Kapal Betung, Penentu Tol Kayu Agung-Betung Tersambung

Seksi I Kayuagung-Palembang (Jakabaring) telah beroperasi tanpa tarif dan dirancang sepanjang 33,5 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian Seksi II Jakabaring-Muslindas sepanjang 33,9 kilometer serta Seksi III Musilindas-Betung sepanjang 44,29 kilometer.

Direktur Utama PT Waskita Sriwijaya Tol Herwidiakto mengatakan, pihaknya saat ini fokus pada percepatan penyelesaian STA 33,5-STA 42,5 (Jakabaring-Kramasan) yang merupakan pintu keluar menuju Jalur Lintas Timur (Jalintim) Sumatera.

"Sementara pembangunan Seksi II Palembang-Betung akan dimulai pada Juli 2020," kata Herwidiakto.

Jembatan Tol Ogan Kayu AGung-Palembang-Betung (Kapal Betung)Dok. Waskita Toll Road Jembatan Tol Ogan Kayu AGung-Palembang-Betung (Kapal Betung)
Jembatan Ogan

Selain Tol Kapal Betung, Waskita Sriwijaya Tol saat ini tengah merampungkan konstruksi Jembatan Ogan Tol Kapal Betung.

Menurut Herwidiakto, jembatan ini menghubungkan Seksi 1 Tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan)-Betung dengan Jalan Lintas Timur Sumatera.

Jembatan Ogan merupakan merupakan satu dari tiga jembatan panjang yang menjadi bagian dari ruas Tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan) yang dibangun dengan total panjang 1,6 kilometer serta lebar bentang utama 385 meter.

Adapun nilai investasi jembatan sebesar Rp 1,2 triliun. Pembangunannya dilakukan oleh PT Waskita Sriwijaya Tol selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan) sepanjang 42 kilometer.

Hingga saat ini progres pembangunan jembatan tersebut mencapai 98 persen dan masuk dalam tahap pengecoran akhir.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X