Canggih, Hotel di Jepang Manfaatkan Robot Sambut Pasien Covid-19

Kompas.com - 02/05/2020, 14:15 WIB
Robot di hotel Jepang menyambut pasien Covid-19. ReutersRobot di hotel Jepang menyambut pasien Covid-19.

KOMPAS.com - Beberapa hotel di Tokyo menerapkan inovasi unik bagi pasien Covid-19. Sejumlah robot ditempatkan di hotel-hotel tersebut untuk menyambut pasien yang datang.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (2/5/2020), salah satu robot bernama Peper berdandan layaknya petugas medis yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pepper ditugaskan untuk menyambut pasien di hotel yang berada di daerah Ryogoku, Tokyo.

"Tolong pakai masker di dalam, Saya harap Anda cepat pulih," kata robot-robot tersebut dengan suara ceria.

Baca juga: Setelah Pandemi Corona, Bagaimana Desain Hotel Masa Depan?

Tak hanya itu, mereka juga mengeluarkan pesan lain bagi pasien dan para pekerja, seperti "Saya berdoa penyebaran penyakit ini dapat selesai secepat mungkin" atau "Mari kita bergabung bersama dan melewati ini bersama".

Pepper bukan satu-satunya robot yang bekerja di hotel ini. Pengelola hotel juga menempatkan robot pembersih yang dibekali kecerdasan buatan.

Robot ini bertugas membersihkan bagian hotel, termasuk area zona merah yang sangat berisiko. Area ini hanya bisa diakses oleh sejumlah petugas dengan jumlah terbatas.

Sebagai informasi, Jepang saat ini memanfaatkan hotel untuk menampung pasien yang positif Covid-19 dengan gejala ringan.

Departemen Kesehatan setempat menyatakan, sebanyak 10.000 kamar hotel di seluruh negara ini diubah menjadi tempat penampungan pasien.

Salah satunya adalah Hotel Ryogoku yang akan menampung 300 pasien pekan depan. Di hotel ini dua orang perawat akan bertugas sepanjang hari, sementara satu orang dokter akan berjaga pada siang hari.

Negeri Matahari Terbit tersebut kini mencatatkan jumlah 14.000 kasus positif Covid-19 dengan total pasien meninggal berjumlah 488 orang.

 



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.