Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Canggih, Hotel di Jepang Manfaatkan Robot Sambut Pasien Covid-19

Dilansir dari Reuters, Sabtu (2/5/2020), salah satu robot bernama Peper berdandan layaknya petugas medis yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

Pepper ditugaskan untuk menyambut pasien di hotel yang berada di daerah Ryogoku, Tokyo.

"Tolong pakai masker di dalam, Saya harap Anda cepat pulih," kata robot-robot tersebut dengan suara ceria.

Tak hanya itu, mereka juga mengeluarkan pesan lain bagi pasien dan para pekerja, seperti "Saya berdoa penyebaran penyakit ini dapat selesai secepat mungkin" atau "Mari kita bergabung bersama dan melewati ini bersama".

Pepper bukan satu-satunya robot yang bekerja di hotel ini. Pengelola hotel juga menempatkan robot pembersih yang dibekali kecerdasan buatan.

Robot ini bertugas membersihkan bagian hotel, termasuk area zona merah yang sangat berisiko. Area ini hanya bisa diakses oleh sejumlah petugas dengan jumlah terbatas.

Sebagai informasi, Jepang saat ini memanfaatkan hotel untuk menampung pasien yang positif Covid-19 dengan gejala ringan.

Departemen Kesehatan setempat menyatakan, sebanyak 10.000 kamar hotel di seluruh negara ini diubah menjadi tempat penampungan pasien.

Salah satunya adalah Hotel Ryogoku yang akan menampung 300 pasien pekan depan. Di hotel ini dua orang perawat akan bertugas sepanjang hari, sementara satu orang dokter akan berjaga pada siang hari.

Negeri Matahari Terbit tersebut kini mencatatkan jumlah 14.000 kasus positif Covid-19 dengan total pasien meninggal berjumlah 488 orang.

https://properti.kompas.com/read/2020/05/02/141509721/canggih-hotel-di-jepang-manfaatkan-robot-sambut-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke