Langgar Aturan PSBB di Jalan Tol, Siap-siap Dipaksa Keluar

Kompas.com - 11/04/2020, 14:17 WIB
Ilustrasi jalan tol. Kementerian PUPRIlustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Petugas Patroli Jalan Raya (PJR) akan mengeluarkan pengguna jalan tol yang tak mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari jalan tol.

"Jika melanggar PSBB kami keluarkan di pintu tol terdekat," ujar Kanit 2 PJR Polda Metro Jaya Iptu Agus W seperti dikutip dari Antara, Sabtu (11/4/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Agus saat meninjau pelaksanaan PSBB di Gerbang Tol Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Upaya tersebut dilakukan dalam rangka menerapkan aturan PSBB yang resmi diberlakukan mulai Jumat (10/4/2020) untuk memutus mata rantai pandemi virus Covid-19.

Pengawasan terhadap aturan tersbeut dilakukan dengan memantau satu per satu pengguna jalan yang melintas di tol maupun gerbang tol.

Petugas beberapa kali menemukan pengendara yang acuh pada aturan PSBB dan diarahkan keluar tol tanpa dilakukan penilangan.

Baca juga: Bisnis Jalan Tol Anjlok, Pemerintah Upayakan Sejumlah Stimulus

Agus mengatakan untuk saat ini pihaknya belum melakukan penilangan pada pengguna jalan tol yang melanggar aturan tersebut.

"Tidak ada penilangan untuk saat ini," ucap Agus.

Agus dan tim yang bertugas fokus pada memberikan pemahaman terkait posisi duduk pengendara maupun penumpang sesuai aturan yang dianjurkan pada PSBB.

Bagi mobil sedan berkapasitas empat penumpang, hanya boleh diisi maksimal tiga orang, satu di jok sopir dan dua di belakangnya.

Sementara itu, kendaraan jenis minibus berkapasitas tujuh penumpang hanya boleh mengangkut maksimal empat orang, satu di jok sopir, dua di tengah dan satu di jok belakang.

"Untuk bus umum maksimal kapasitas 50 persen penumpang," kata Agus.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X