Asrama Haji Dijadikan Lokasi Karantina Pemudik Madiun

Kompas.com - 08/04/2020, 16:44 WIB
Wali Kota Madiun Maidi (kanan) didampingi Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Kota Madiun Noor Aflah (kiri) meninjau kesiapan gedung Asrama haji Kota Madiun sebagai lokasi karantina bagi para pemudik yang telanjur pulang ke Kota Madiun guna memutus rantai penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19, Selasa (7/4/2020). Antara/Diskominfo Kota Madiun/LrWali Kota Madiun Maidi (kanan) didampingi Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Kota Madiun Noor Aflah (kiri) meninjau kesiapan gedung Asrama haji Kota Madiun sebagai lokasi karantina bagi para pemudik yang telanjur pulang ke Kota Madiun guna memutus rantai penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19, Selasa (7/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menjadikan gedung Asrama Haji sebagai lokasi karantina bagi para pemudik.

Hal tersebut dilakukan Pemkot Madiun guna memutus rantai penyebaran virus Corona jenis baru atau Covid-19.

"Sesuai imbauan Gubernur, Pemda diminta menyiapkan tempat isolasi atau karantina bagi pemudik. Tempatnya bisa menggunakan gedung sekolah. Tapi setelah kami cek, fasilitas di sekolah kurang memadai. Maka kami alihkan ke Asrama Haji," ujar Wali Kota Madiun Maidi seperti dikutip dari Antara, Rabu (8/4/2020).

Menurut Maidi, gedung Asrama Haji dinilai lebih layak dari pada 13 gedung sekolah yang sebelumnya sempat akan dipilih sebagai tempat isolasi.

Selain Asrama Haji, tempat karantina juga disediakan di Gedung Diklat dan guest house.

Maidi melanjutkan, terdapat 120 tempat tidur di Asrama Haji. Selain itu, fasilitas tersebut juga masih terdapat sisa ruang lagi yang bisa digunakan jika memang diperlukan.

Sementara itu, di Gedung Diklat terdapat sekitar 30 tempat tidur dan 12 tempat tidur untuk guest house. Setiap kamar, memiliki jumlah tempat tidur bervariasi.

Maidi mengatakan, setidaknya dalam satu kamar terdapat empat tempat tidur yang bisa digunakan untuk satu keluarga sekaligus.

Baca juga: Rumah Dinas Bupati Kotawaringin Timur Dijadikan Tempat Inap Nakes Covid-19

Ketiga tempat tersebut juga memiliki fasilitas yang layak, mulai dari kamar mandi dan pengadaan air bersih.

Asrama Haji juga akan digunakan sebagai kantor Dinkes dan KB Kota Madiun dan penginapan dokter serta perawat dari luar kota untuk sementara.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X