Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dinas Bupati Kotawaringin Timur Dijadikan Tempat Inap Nakes Covid-19

Kompas.com - 07/04/2020, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Dinas Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Supian Hadi, siap dijadikan sebagai tempat menginap bagi 40 tenaga medis yang menangani pasien virus Corona.

Supian mengatakan, siap menampung tenaga medis yang tak ingin pulang ke rumahnya masing-masing dengan alasan tidak ingin keluarga mereka berisiko tertular virus tersebut.

"Kepada seluruh tenaga medis, dokter dan perawat yang menangani di ruang isolasi virus Covid-19, saya selaku Bupati menjamin untuk mereka, semua kenyamanan sampai kesejahteraan mereka. Saya turun tangan untuk memberikan kenyamanan buat mereka semua," ucap Supian seperti dikutip dari Antara, Selasa (7/4/2020).

Sejak diresmikan pada bulan suci Ramadhan 2019 lalu, Supian memang belum menempati salah satu rumah termegah di Kalimantan Tengah tersebut.

Kini, dirinya justru mempersilakan rumah jabatan itu dimanfaatkan untuk tempat beristirahat bagi petugas medis yang menangani pasien virus Corona di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit.

Baca juga: Daftar Hotel Gratis untuk Tenaga Medis Covid-19

Jumlah tim medis penanganan virus Corona di rumah sakit tersebut sebanyak 21 orang, namun pemerintah daerah menyiapkan 40 tempat tidur di rumah jabatan bupati Kotawaringin Timur tersebut.

Ruang yang dimanfaatkan sebagai tempat istirahat para tenaga medis yaitu aula dan ruang-ruang besar.

Saat mendapatkan jadwal istirahat, mereka diharapkan bisa beristirahat dengan nyaman di rumah tersebut, jika mereka memilih tidak pulang ke rumah sementara waktu.

Selain tempat tidur, mereka juga bisa memanfaatkan ruang kerja, dapur, dan fasilitas lain lainnya disana.

Bahkan, sarana hiburan seperti televisi, perangkat musik dan lainnya juga disiapkan agar mereka juga bisa bersantai melepas kepenatan.

Rumah jabatan tersebut akan menjadi fasilitas VIP tempat beristirahat bagi tim medis. Tidak sembarang orang bisa masuk ke rumah jabatan tersebut.

Bahkan, petugas kebersihan dan konsumsi akan dibatasi pada lokasi tertentu agar kehadiran mereka tidak sampai mengganggu kenyamanan istirahat para petugas medis RSUD dr Murjani Sampit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com