Jalan Protokol di Bandung Bakal Ditutup jika Berpotensi Ramai

Kompas.com - 30/03/2020, 17:00 WIB
Jalan Asia-Afrika, Bandung, Jawa Barat. jabar.tribunnews.comJalan Asia-Afrika, Bandung, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Satuan Lalu-lintas Polrestabes Bandung Komisaris Polisi Bayu Prabowo mengatakan, penutupan sejumlah ruas jalan protokol di Bandung dilakukan jika berpotensi lebih ramai dari biasanya.

Untuk itu, pihak kepolisian akan menilai kondisi dan perkembangan lalu-lintas di sejumlah ruas jalan protokol Bandung setiap harinya.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi penyebaran pandemi virus Corona lebih meluas.

"Jadi konsepnya itu kami melihat situasi, jadi kami melihat masyarakat sudah mulai ada keramaian, lalu kami lakukan penutupan," ucap Bayu seperti dikutip Antara, Senin (30/3/2020).

Hari ini, penutupan jalan hanya dilakukan di Jalan Ir H Djuanda (Dago) dan Jalan Asia-Afrika. Penutupan itu hanya berlangsung sekitar satu jam, mulai dari jam 10.00-11.00 WIB.

Baca juga: Kurangi Pergerakan Masyarakat, Pemkot Semarang Tutup Jalan Protokol

"Seperti tadi, kami lakukan penutupan tapi di trotoar masih sepi, ya sudah kami biarkan arus lalu-lintas berjalan normal. Tapi saat aktivitas masyarakat mulai berkerumun, berkumpul semakin banyak, salah satu cara yang kami lakukan adalah penutupan," lanjut Bayu.

Oleh karena itu, polisi belum berencana menutup ruas jalan protokol lainnya seperti, Jalan Merdeka, Jalan Diponegoro (Gasibu), dan Jalan Braga. Karena, kawasan tersebut belum ada potensi keramaian.

Kendati demikian, kepolisian yang bertugas selalu memantau dan mengevaluasi keadaan di jalan tersebut setiap harinya.

"Tapi sore kami cek lagi situasinya, jadi setiap waktu kami evaluasi dan pantau aktivitas masyarakat sekitar tempat itu," ucap Bayu.

Menurut dia, cara penutupan sejumlah ruas jalan protokol cukup ampuh mencegah keramaian masyarakat yang terjadi. 

Sebelumnya, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung pada Minggu (29/3/2020) memberlakukan penutupan sejumlah ruas jalan protokol di Bandung.

Penutupan itu dilakukan di Jalan Asia-Afrika, Jalan Braga, Jalan Merdeka, Jalan Ir H Djuanda, dan Jalan Diponegoro.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X