Kementerian PUPR Rampungkan 694 Fasilitas Umum di NTB

Kompas.com - 18/03/2020, 10:00 WIB
Salah satu hasil rehabilitas dan rekonstruksi pembangunan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRSalah satu hasil rehabilitas dan rekonstruksi pembangunan di Nusa Tenggara Barat (NTB).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan rekonstruksi dan rehabilitasi 694 fasilitas umum yang rusak akibat gempa bumi yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Agustus 2018 silam.

Hal tersebut sebagai bagian dari Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2018 tentang percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kota Mataram, dan wilayah terdampak di NTB.

“Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan 694 fasilitas umum, seperti sekolah, masjid, dan pasar agar kegiatan sosial-ekonomi masyarakat cepat pulih. Pelaksanaannya telah dikerjakan oleh BUMN Karya," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (17/3/2020).

Basuki melanjutkan, tugas rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas tersebut selesai dikerjakan pada 19 April 2019.

Baca juga: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Negatif Corona

Fasilitas umum yang selesai di rehabilitasi oleh Kementerian PUPR terdiri dari 572 unit sekolah, diantaranya, 31 TK, 249 SD, 80 MI, 46 SMP, 78 MTs, 36 SMA dan 52 MA.

Kemudian, 31 unit fasilitas kesehatan, 87 unit rumah ibadah, 1 unit pasar dan 3 unit bangunan lainnya.

Fasilitas umum tersebut tersebar di berbagai daerah di NTB, yakni Mataram sebanyak 17 unit, Lombok Barat 79 unit, Lombok Tengah 41 unit, dan Lombok Utara 291 unit.

Kemudian, Lombok Timur sebanyak 61 unit, Sumbawa Barat 100 unit dan Sumbawa sejumlah 105 unit.

Fasilitas umum yang telah selesai dibangun dan dimanfaatkan kembali tersebut diberi label sertifikat.

Artinya, bangunan tersebut layak dan aman digunakan. Misalnya, RSUD Kota Mataram dan SMPN 6 Mataram.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X